Ciptakan Inovasi Camilan Sehat, Tiga Mahasiswa FBE Ubaya Memenangkan Kompetisi International Marketing Plan laurentiusivan November 27, 2025

Ciptakan Inovasi Camilan Sehat, Tiga Mahasiswa FBE Ubaya Memenangkan Kompetisi International Marketing Plan

Tiga mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE UBAYA) menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Juara 1 pada kompetisi International Marketing Plan. Mereka adalah Valencia Jocelyn Ongkowidjojo dari Program Studi Manajemen, Yohana Oktavian Wijaya dari Program Studi Akuntansi, dan Maureen Christy Rizkyta dari Program Studi Akuntansi. Kompetisi ini mereka menangkan dengan menciptakan inovasi bernama “Alvera”, snack bar kaya nutrisi dengan bahan baku ganggang laut hijau (chlorophyta) dan chia seeds sebagai solusi sarapan di tengah kesibukan dunia modern. 

 

Dengan kampanye “Snack With Purpose”, Alvera hadir dengan memadukan nilai edukasi, keberlanjutan, dan ethical marketing. “Kami memberikan informasi akan gizi dan manfaat ganggang laut serta pentingnya pola makan yang lebih sehat. Jadi, Alvera tidak hanya mempromosikan snack bar sehat saja, tetapi juga membangun citra sebagai brand yang memiliki tujuan atau purpose-driven brand,” jelas Valencia, Ketua Tim Alvera. Tidak hanya itu, strategi pemasaran Alvera turut diperkuat dengan berbagai aktivitas offline, seperti sampling di lingkungan kampus serta berkolaborasi dengan komunitas dan micro-influencer dalam menjangkau target konsumen. 

 

Valencia menuturkan, ide ini muncul dari hasil riset pasar dan tren gaya hidup di Indonesia. Selain itu, potensi besar dari bahan lokal yang belum dimaksimalkan menjadi dorongan tersendiri dalam pengerjaan kompetisi ini. Setelah berhasil meraih kemenangan, Tim Alvera menceritakan berbagai pelajaran berharga yang dapat mereka petik. 

“Proses riset membuat kami semakin bangga dengan kekayaan hayati Indonesia dan semakin yakin bahwa inovasi pangan berkelanjutan bisa berawal dari bahan sederhana di sekitar kita. Selain itu, kami merasa benar-benar terdorong untuk keluar dari zona nyaman, belajar berpikir lebih kritis, kreatif, dan strategis layaknya praktisi pemasaran profesional,” ujar Valencia. (tsy)