Webinar Structured On-The-Job Training Berikan Pemahaman Terkait Praktik Kerja Industri samueldim January 30, 2023

Webinar Structured On-The-Job Training Berikan Pemahaman Terkait Praktik Kerja Industri

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sinkron yang merupakan nama dari Peer Group Lab Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan acara bertajuk “Webinar Sinkronized 1.0”. Mengangkat tema “Structured On-The-Job Training: Unleashing Employee Expertise in The Workplace”, webinar ini bertujuan untuk memperluas cara praktik Structured On-The Job Training melalui aplikasi SiTUATE. Diadakan pada Sabtu, 28 Januari 2023, webinar ini mengundang narasumber yakni Ronald Jacobs, Ph.D., yang merupakan ahli di bidang Structured On-The-Job Training sekaligus Profesor dari University of Illinois serta Dr. Harijanto Tjahjono, S.Psi., M.Ed., selaku Dosen Fakultas Psikologi Ubaya. Setidaknya puluhan peserta dari kalangan umum turut berpartisipasi dalam webinar yang digelar secara hybrid melalui Zoom dan Auditorium Fakultas Hukum Ubaya.

Krismasita Surya Putri, S.Psi., M.Psi., Psikolog., selaku Dosen Fakultas Psikologi Ubaya sekaligus Ketua Acara menyampaikan bahwa sasaran peserta dari webinar ini adalah mitra perusahaan, mahasiswa, alumni, dan para dosen. “Target tersebut berdasarkan topik yang dibicarakan merupakan setting industri tentang bagaimana perusahaan dapat melaksanakan training untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Krismasita. Ia juga mengatakan bahwa diselenggarakannya webinar ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia usaha khususnya industri dalam bidang training kepada para mahasiswa. “Saya juga ingin memperdalam pemahaman mereka tentang teori-teori training dan praktik di dunia kerja, mengingat mereka mendapatkan mata kuliah yang berhubungan dengan ini,” sambung Krismasita.

Lebih lanjut, Krismasita turut menyampaikan harapannya untuk webinar ini. “Saya berharap webinar ini menjadi titik awal yang baik agar dapat mengembangkan Sinkron ke depannya,” ujar Krismasita. Berkaitan dengan itu, Krismasita berharap agar terdapat Sinkronized selanjutnya dan tidak berhenti pada Sinkronized 1.0 saja. Selain itu, Krismasita juga menyampaikan harapannya kepada para peserta yang hadir pada webinar ini. “Saya berharap agar munculnya semangat sinergi yang kami cetuskan dari pendirian Sinkron ini sehingga dapat menumbuhkan kerja sama yang lebih baik nantinya,” tutup Krismasita.(yla,jv/vnd)