Kuliah Tamu Bersama Gojek, Bahas Peran Cloud Computing Dalam Analytics


  • 23-11-2022
  • samueldim

Universitas Surabaya (Ubaya) berkomitmen mengembangkan pandangan keilmuan seluas-luasnya untuk seluruh mahasiswa. Terbukti dari kegiatan kuliah tamu yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Karakter Kebangsaan, Multikultur, dan Interprofesional (PKKMI) Ubaya. Kuliah tamu dilaksanakan 21-25 November 2022. Dengan tema “Aplikasi Cloud Computing, Artificial Intelligence, dan Big Data” kegiatan dilaksanakan di Gedung Fakultas Teknobiologi Ubaya, Kampus II Ubaya Tenggilis. Tepatnya Rabu, 23 November 2022, Ubaya menghadirkan Reden Tanago, selaku Regional Analytics Head dari Gojek.

Reden mengawali penjelasannya mengenai dasar konsep dari Cloud Computing. “Singkatnya adalah on demand availability dari sebuah sistem atau sumber daya komputer,” ungkap Reden. Ia menjelaskan bahwa cloud computing adalah bidang yang cukup hits di ranah bisnis karena berperan mengurangi biaya operasional sebuah bisnis. “Jadi kalau jalankan program berat, tidak harus punya spec komputer yang berat karena bisa menyewa,” jelasnya.

Konsep sederhana cloud computing ini pun membantu beberapa hal-hal besar yang menjadi topik bahasan selanjutnya, misalnya machine learning. Melalui cloud computing, program berat dapat dijalankan dengan cepat serta tidak membutuhkan biaya operasional dan pengadaan spek komputer yang luar biasa. “Bayangkan kalau bisnis butuh server dan segala macam, biaya dan SDM nya. Cloud computing tinggal sewa,” ungkapnya. Reden pun menjelaskan beberapa contoh konkrit yang telah dilakukan oleh Gojek, serta kaitannya dengan Big Data dan Artificial Intelligence. (sml/sml)

Update: 23-11-2022 | Dibaca 114 kali | Download versi pdf: Kuliah-Tamu-Bersama-Gojek--Bahas-Peran-Cloud-Computing-Dalam-Analytics.pdf