Poltek Ubaya Bersama Iduka Hasilkan SDM Berkualitas


  • 03-05-2021
  • Hayuning Purnama Dewi
Usung 3C, Cepat Lulus, Cepat Kerja, dan Cepat Sukses.
 
Sumber daya manusia (SDM) berkualitas tidak hanya dinilai dari kemampuan akademisnya, namun perlu diimbangi dengan pengalaman praktik agar siap berkiprah di dunia kerja. Politeknik Ubaya mengedepankan pembelajaran dengan model atau apliasi terapan dalam mempersiapkan SDM berkualitas, berdaya saing, dan profesional.
 
Politeknik Ubaya merupakan perguruan tinggi vokasional modern dan terpadu dengan jenjang pendidikan program studi (prodi) diploma III (d-3). Setiap prodi bertujuan untuk menghasilkan tenaga muda yang terampil, kreatif, serta berkarakter pada bidang bisnis dan manajemen. Komposisi perkuliahan adalah 70 persen praktik dan 30 persen teori.
 
Untuk itu, Politeknik Ubaya telah bersinergi dengan Iduka (industri, dunia usaha, dan dunia kerja) ternama di Indonesia. Hal itu sebagai bentuk dukungan penuh Politeknik Ubaya terhadap kebijakan dan program utama Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada 2021.
 
Program-program tersebut, yaitu training leadership dan mindset, pendidikan kecakapan kerja (PKK), dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). Kemudian ada pula program SMK pusat keunggulan, SMK-D2 fast track, upgrade prodi D-3 menjadi D-4 atau sarjana terapan, serta program kampus merdeka vokasi.
 
Jalinan kerja sama dengan Iduka juga bertujuan untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Di antaranya, mengubah kurikulum sesuai dengan kebutuhan iduka, mengembangkan soft-skills mahasiswa dengan terjun langsung ke masyarakat dan mengundang guru tamu atua expert dari DUDI (dunia usaha dunia industri). Juga magang mahasiswa, mengembangkan sertifikasi kompetensi mahasiswa, training dosen di Iduka, riset terapan, serta perekrutan tenaga kerja.
 
Kerja sama tersebut membuka peluang bagi mahasiswa Politeknik Ubaya untuk mengapliasian ilmu dan menambah wawasan praktik. Mereka bisa berkembang melalui kegiatan magang atau praktik kerja lapangan (PKL) yang merupakan langkah awal untuk mengetahui dunia kerja yang sebenarnya.
 
Kegiatan PKL sekaligus menjadi ajang promosi diri bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan kerjanya sehingga mereka direkrut walaupun belum dinyatakan lulus. Berdasar data, sebanyak 50 persen mahasiswa Politeknik Ubaya telah diterima bekerja sebelum mereka lulus.
 
Iduka yang telah bekerja sama dengan Politeknik Ubaya selama satu tahun ini, yaitu Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Ada pula PT Satu Atap Indonesia, PT Tegar Kupas Mediatama, D'Consulting Business Consultant, CPS Soft, PT Pegadaian, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk, dan PT Wowrack Indonesia.
 
Sebelumnya, Politeknik Ubaya sudah berkolaborasi dengan 21 Idkua dalam wujud kerja sama triple helix. Politeknik Ubaya bersama Iduka juga mempersiapkan SMK pusat keunggulan dan program fast track. Saat ini, Politeknik Ubaya telah melakukan MoU (memorandum of understanding) dengan 100 SMK di Indonesia.
 
Dengan visi to be the gateway to professionalism, Politeknik Ubaya bertekad mewujudkan misinya untuk berperan aktif dlaam memajukan masyarakat dunia usaha. Yakni, melalui pengembangan tri dharma perguruan tinggi secara berkesinambungan demi kesejahteraan umat manusia.
 
Hal tersebut dibuktikan Politeknik Ubaya dengan meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2020 sebagai perguruan tinggi kategori vokasi terbaik nomor satu di Jawa Timur. Penghargaan diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur. Penghargaan AKU 2020 merupakan simbol prestasi sekaligus bukti atas konsistensi Politeknik Ubaya dalam menjaga kualitas mutu.
 
Direktur Politeknik Ubaya Agung Sriwardhani SE MA berharap dengan adanya kerja sama dengan Iduka, semakin banyak masyarakat yang mengetahui mengenai pendidikan vokasi yang lebih mengedepankan pendidikan terapan. "Semakin luas jaringan kerja sama yang dilakukan Politeknik Ubaya dengan Iduka, maka bisa membangun kompetensi lulusan yang lebih siap di dunia kerja dalam mewujudkan Indonesia maju. Vokasi kuat, menguatkan Indonesia," jelasnya.
 
Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Politenik Ubaya mencetak lulusan dengan filosofi 3C, yaitu cepat lulus, cepat kerja, dan cepat sukses. Prodi di Politeknik Ubaya, antara lain, sekretari, manajemen, akuntansi, perpajakan, dan bahasa Inggris bisnis dengan pilihan kelas reguler pada pagi hari dan kelas profesional pada malam hari. Bagi masyarakat yang bekerja, tetapi ingin berkuliah, bisa mengikuti kelas profesional.
 
Tersedia beasiswa karyawan dengan potongan hingga 50 persen USP dan 25 persen UPP selama masa studi normal. Syaratnya, cukup menyertakan surat keterangan dari perusahaan, slip gaji, dan esai motivasi diri calon mahasiswa.
 
Sistem pembelajaran Politeknik Ubaya menggunakan metode hybrid, yaitu kombinasi pembelajaran tatap muka dan online learning sehingga mahasiswa bisa belajar di mana pun dan kapan pun. Selama menempu pendidikan, mahasiswa dibekali softskills berupa pembentukan karakter, mental, etika, moral, dan akhlak agar menjadi lulusan yang berkualitas, berkarakter, dan berintegritas.
 
Segera daftarkan diri Anda, dan jadilah bagian dari Politeknik Ubaya! Raih masa depan yang lebih baik dengan berkiprah di dunia kerja secara profesional. (ran)
Update: 03-05-2021 | Dibaca 64 kali | Download versi pdf: Poltek-Ubaya-Bersama-Iduka-Hasilkan-SDM-Berkualitas.pdf