Raih Karir Global Bersama Ubaya


  • 19-04-2021
  • Hayuning Purnama Dewi
Perbanyak Akreditasi Internasional, Kembangkan Kompetensi Lulusan
 
Perolehan akreditasi internasional di fakultas dan program studi (prodi) perguruan tinggi menunjukkan bahwa kualitas mutu pendidikan serta pengajaran telah memenuhi standar internasional. Perguruan tinggi pun terus memperluas jaringan kerja sama dan meningkatkan kompetensi lulusan sehingga lulusannya mampu berkiprah serta mendapatkan pengakuan di level internasional.
 
Fakultas-fakultas di Universitas Surabaya (Ubaya) telah mengantongi berbagai akreditasi internasional. Misalnya, Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya yang merupakan salah satu fakultas di Indonesia yang menawarkan pembelajaran berkualitas tinggi dalam mempersiapkan tenaga profesional yang andal di bidang ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi.
 
Kurikulum pembelajaran di FBE Ubaya telah berstandar internasional serta mendapatkan pengakuan di berbagai sekolah bisnis terkemuka di Eropa, Amerika, dan Asia. FBE Ubaya telah mendapatkan akreditasi internasional dari Association of Accredited Schools of Business International (AASBI), Association of Asia-Pacific Business Schools (AAPBS), dan ABEST-21 untuk prodi magister manajemen. FBE Ubaya juga menjadi anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International, United Nations Global Compact.
 
Mahasiswa dapat mengikuti kuliah di bebeapa perguruan tinggi mancanegara yang menjadi mita Ubaya selama satu atau dua semester. Terdapat program reguler atau program internasional dual degree yang bisa dipilih mahasiswa.
 
Program internasional yang tersedia adalah international business networking (IBN) programme dan professional accounting (PA) programme. IBN mencakup aspek internasional dan networking dalam bidang bisnis dan manajemen. Gelar dual degree yang akan diterima yaitu SM BBus, atau SM BIB. PA meliputi aspek internasional dan profesional pada bidang accouting dengan gelar SAk BCom.
 
"Akreditasi internasional merupakan salah satu cara untuk menjalin relasi maupun kerja sama dengan berbagai pihak guna mencapai visi FBE Ubaya, yaitu menjadi sekolah bisnis dan ekonomika swasta unggulan di kawasan Asia Pasifik. Sebab itu diperlukan akreditasi yang mengakui kompetensi lulusan FBE Ubaya di Asia Pasifik," jelas Dekan FBE Ubaya Dr Putu Anom Mahadwartha SE MM CSA.
 
Dekan Fakultas Teknik Ubaya Ir Eric Wibisono PhD IPU mengatakan bahwa melalui akreditasi internasional, publik bisa mengetahui kurikulum pembelajaran prodi yang terakreditasi dan berbagai sistem pendukung sesuai standar yang diakui secara global. "Rekognisi ini akan membuka pintu yang lebih lebar bagi terjalinnya berbagai kolaboasi internasional, baik antardosen atau peneliti maupun antar mahasiswa," terangnya.
 
Prodi-prodi di bawah naungan Fakultas Teknik Ubaya telah memperoleh akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Misalnya, prodi teknik industri dan teknik kimia yang terakreditasi dengan fully accredited through general accreditation (GA).
 
Prodi Teknik Kimia Ubaya juga merupakan prodi teknik kimia perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di Indonesia yang terakreditasi internasional oleh IABEE. Sementara itu, prodi teknik elektro dan teknik informatika mendapatkan provisional accreditation (PA) dari IABEE.
 
Akreditasi IABEE adalah akreditasi internasional untuk pendidikan tinggi di bidang engineering atau teknik. Standar pendidikan tinggi teknik yang dijadikan rujukan IABEE adalah Washington Accord. Selain terakreditasi IABEE, prodi teknik industri juga tersertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).
 
Di samping itu, prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya juga menyelenggarakan program dual degree. Mahasiswa bisa memilih information technology program, yaitu program internasional dengan pilihan dual degree yang bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi luar negei, Faculty of Science and Engineering Queensland University of Technology (QUT), Australia.
 
Saat lulus, mahasiswa akan memperoleh gelar ganda. Yaitu, sarjana komputer (SKom) dari Ubaya, dan sarjana informatika teknologi atau bachelor of information technology (BIT) dari QUT.
 
Akreditasi IABEE menjamin bahwa capaian pembelajaran mahasiswa diakui tidak hanya pada level nasional, tetapi juga di level internasional. Lulusan prodi yang telah terakreditasi IABEE memiliki posisi yang setara dengan professional engineer global dan siap berkarir di manapun di seluruh dunia.
 
Dengan adanya akreditasi internasional, mahasiswa akan menikmati pengalaman pembelajaran dengan standar kualitas tinggi yang sejajar dengan perguruan tinggi ternama di luar negeri. Di Ubaya, mahasiswa bisa menikmati suasana belajar dengan kualitas standar internasional melalui kurikulum pembelajaran, ketersediaan fasilitas pembelajaran dan staf pengajar, serta peneliti atau dosen berkaliber internasional.
 
Jangan tunda kuliah. Jadilah SDM yang kompeten dan profesional bersama Ubaya! (ran).
 
Sumber: Jawa Pos, 10 April 2021
Update: 19-04-2021 | Dibaca 266 kali | Download versi pdf: Raih-Karir-Global-Bersama-Ubaya.pdf