Pertama, Vaksin Drive-thru Di Jatim


  • 06-04-2021
  • Hayuning Purnama Dewi
SURABAYA - Pos pelayanan vaksinasi Covid-19 drive-thru pertama di Jawa Timur diresmikan kemarin (27/3). Berlokasi di lapangan parkir Universitas Surabaya (Ubaya), warga lanjut usia (lansia) di Surabaya pun langsung memanfaatkan layanan tersebut. Targetnya, dalam sehari setidaknya dapat melayani 500 orang yang divaksinasi dengan AstraZeneca.
 
Program kegiatan yang digagas Halodoc dan Gojek tersebut diresmikan langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS dan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan. Dengan didampingi Rektor Ubaya Benny Lianto, Vice President Regional Public Policy and Government Relations Gojek Gautama Adi Kusuma, VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto, dan Ketua Tim Panitia Vaksinasi RSHU dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK FINDSV FAADV.
 
"Sebelumnya ada di Jakarta dan Bogor. Surabaya kali pertama di Jatim. Prioritasnya lansia," kata Maxi kemarin.
 
Dia menambahkan, pelayanan vaksinasi drive-thru memudahkan masyarakat. Mereka bisa datang dengan membawa mobil untuk mengantarkan keluarganya yang lansia. Bisa sekaligus lebih dari satu orang.
 
Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan menyatakan, partisipasi masyarakat lansia untuk vaksinasi sangat penting guna mempercepat berakhirnya masa pandemi. "Antusiasme masyarakat lansia yang ikut vaksin hari ini semoga bisa memberikan motivasi bagi lansia lain yang belum divaksin untuk segera divaksin," katanya.
 
Hendro menuturkan, target awal setidaknya 500 dosis per hari. Namun, jika semua stakeholder bersinergi sangat mungkin target bisa mencapai 1000-2000 dosis per hari. "Jika semua sudah tercover vaksinasi, target awal adalah dunia pendidikan bisa tatap muka," imbuhnya. (ayu/c12/ady)
Update: 06-04-2021 | Dibaca 63 kali | Download versi pdf: Pertama--Vaksin-Drive-thru-Di-Jatim.pdf