Pandemi Covid-19, Orang Tua Harus Mengawal Kesehatan Anak


  • 03-07-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Bagi orang tua, anak adalah segalanya. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini, tentunya orang tua memiliki kekhawatiran ekstra dalam menjaga kesehatan anak. Menghadapi hal tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Surabaya mengadakan webinar khusus untuk orang tua. Webinar dengan tajuk “Mengawal Kesehatan Anak di Masa Pandemi” menghadirkan dua dokter spesialis anak yakni dr. Agus Cahyono, Sp.A., dan dr. Lucia P. Retnaningtyas, Sp.A. Acara dihadiri oleh seikitnya 75 peserta.

Pada sesi pertama, dr. Agus mengajak peserta untuk memikirkan kembali apa yang dimaksud dengan ‘mengawal’ kesehatan anak. “Perlu diingat pandemi tidak hanya Corona. Kebetulan saja kali ini Corona yang lagi hits,” jelas dr. Agus. Ia pun mengajak para peserta membandingkan apa perbedaan masa-masa sebelum pandemi dan sekarang. Baginya banyak aktivitas yang harus berbeda karena ada beberapa penyesuaian. “Orang tua ikut frustasi, berdampak pada anak yang frustasi karena semua harus online,” jelas dr. Agus.

dr. Agus mengingatkan bahwa orang tua harus waspada sebab Covid-19 bukanlah satu-satunya ancaman. Oleh karena itu dr. Agus mengingatkan bahwa protokol kesehatan penting untuk dipelajari oleh anak-anak, khususnya mengenai kebiasaan mencuci tangan dan memiliki etika batuk yang baik. “Orang tua juga harus memberi anak makanan sesuai usianya, makanan pendamping ASI.

Komposisi karbo, lemak, protein, buah dan sayur akan membuat anak sehat,” tambahnya lagi. dr Agus pun mengingatkan supaya orang tua tidak berhenti memberi imunisasi pada anak sesuai jadwalnya. “Jangan sampai karena kita terlalu memikirkan pandemi sehingga lupa masalah lain yang sudah ada vaksinnya,” jelas dr. Agus

Hal serupa pun di sampaikan oleh dr. Lucia. Ia pun mengingatkan adanya aplikasi PrimaKu yang bisa menjadi sarana pengingat untuk para orang tua, sehingga orang tua tidak kelewatan jadwal imunisasi dan bisa memantau tumbuh kembang anak. “Di aplikasi ini terdapat reminder, sehingga bermanfaat supaya orang tua tidak terlewat,” jelas dr. Lucia. Ia pun mengingatkan bahwa orang tua yang disiplin untuk memonitor perkembangan anak akan memudahkan orang tua dan dokter spesialis anak. “Sehingga waktu bertemu kita bisa lebih fokus untuk membahas anak,” pesan dr Lucia. (sml)

Update: 03-07-2020 | Dibaca 952 kali | Download versi pdf: Pandemi-Covid-19--Orang-Tua-Harus-Mengawal-Kesehatan-Anak.pdf