Di Tengah Pandemi, Ubaya Temui Calon Mahasiswa Baru Dan Orangtuanya Secara Virtual


  • 29-06-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar pertemuan calon mahasiswa baru (maharu) dan orang tua secara virtual untuk menyambut new normal tahun ajaran baru periode 2020/2021.
 
Selama dua bulan, masing-masing program studi di Ubaya secara bergiliran mengadakan pertemuan dengan calon mahasiswa baru dan orang tua untuk membekali informasi terkait kampus hingga sistem perkuliahan tahun ajaran baru.
 
Dr rer nat Maria Goretti Marianti Purwanto, Wakil Rektor I Ubaya menjelaskan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh masing-masing program studi dalam menyambut tahun ajaran baru kali ini lebih dikenal dengan sebutan Meet the Students and Parents 2020.
 
Pertemuan calon mahasiswa baru dan orang tua yang biasanya dilakukan secara tatap muka, tahun ini harus dilaksanakan secara virtual di rumah masing-masing dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.
 
“Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru dan orang tua untuk mengenal lebih jauh program studi yang dipilih maupun kampus Ubaya. Kegiatan Meet The Students and Parents 2020 juga berfungsi sebagai wadah untuk mensosialisasikan kualitas sistem penyelenggaraan pendidikan di Ubaya” ungkap wanita yang juga Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru.
 
Maria menegaskan Ubaya akan selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan mahasiswa dan karyawan melalui penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi era new normal ini.
 
Pada kesempatan ini, calon mahasiswa baru maupun orang tua dibekali informasi mengenai pelaksanaan kegiatan selama masa perkuliahan seperti penggunaan portal My Ubaya, sistem keuangan, siklus akademik, beasiswa, kegiatan kemahasiswaan, peluang karir, dan persiapan Masa Orientasi Bersama (MOB).
 
"Kegiatan ini juga menghadirkan mahasiswa aktif dan alumni dari program studi masing-masing untuk berbagi cerita serta pengalaman selama berkuliah di Ubaya,"lanjutnya.
 
Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara memberikan gambaran kepada calon mahasiswa baru bagaimana suasana kegiatan perkuliahan di lingkungan program studi, fakultas maupun universitas.
 
"Pertemuan ini dilakukan sebanyak tiga kali yang diawali dengan Meet The Students kemudian dilanjutkan dengan dua kali kegiatan Meet The Parents,"paparnya.
 
Kegiatan Meet The Students and Parents 2020 melibatkan unit Direktorat Keuangan, Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan, dan Direktorat Administrasi Akademik.
 
Calon mahasiswa baru dan orang tua juga akan mendapatkan informasi jadwal prosedur yang wajib diikuti berupa daftar ulang II, pra-MOB, MOB Universitas, MOB Fakultas, Rektor Cup, dan perencanaan studi semester ganjil.
 
"Untuk semua prosedur tersebut telah disiapkan beberapa skenario baik offline maupun online sebagai persiapan Ubaya menghadapi masa pandemi yang belum pasti,"pungkasnya.
 
Salah satu mahasiswa aktif Ubaya, Devin Tio menyampaikan jika dirinya percaya melalui Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur Ubaya dapat mengembangkan kegemarannya di bidang mesin.
 
Calon mahasiswa ini berharap agar Ubaya dapat membantunya terus berkembang dan belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan dunia kerja nantinya.
 
“Dengan mengikuti kegiatan ini, saya memiliki gambaran kira-kira akan belajar apa di Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur. Tentunya dengan pertemuan ini, saya juga sudah mengenal terlebih dahulu sebagian keluarga besar dan kegiatan perkuliahan di Ubaya. Alasan saya memilih program studi ini, karena saya suka bongkar-bongkar mesin khususnya mesin elektronik di rumah,” kata Devin Tio.
 
Sementara, Steven Wirawan peserta dari Meet The Students Fakultas Farmasi Ubaya menyebutkan dengan mengikuti kegiatan ini dirinya mendapat jawaban pertanyaannya mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki perkuliahan.
 
“Pertemuan seperti ini memberikan informasi dan sangat membantu kami, calon mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri dengan baik secara mental dan fisik,” tutup Steven Wirawan.
 
Sumber: surabaya.tribunnews.com
Update: 29-06-2020 | Dibaca 84 kali | Download versi pdf: Di-Tengah-Pandemi--Ubaya-Temui-Calon-Mahasiswa-Baru-Dan-Orangtuanya-Secara-Virtual.pdf