Ubaya Visitasi 2 Prodi Dalam Rangka Internasionalisasi


  • 08-05-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

suarasurabaya.net - Program Studi Psikologi dan Bioteknologi Universitas Surabaya (Ubaya), Selasa (7/5/2019) jalani proses visitasi untuk standardisasi Asean University Network - Quality Assurance (AUN - QA).

Kegiatan visitasi dengan tajuk The 144th AUN QA Assesment At Programme Level, menghadirkan sekurangnya empat negara sebagai assesor, yaitu Singapura, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Sertifikasi AUN QA pertama kali telah dilakukan pada bulan Januari 2019 lalu pada program studi S1 Farmasi dan Teknik Industri.

"Sekarang giliran program S1 Psikologi dan Bioteknologi. Tujuan visitasi AUN QA adalah untuk meningkatkan kualitas Ubaya khususnya program studi pada level internasional. Ini bagian dari rencana strategis Ubaya terkait internasionalisasi," terang Gunawan, S.Si., M.B.A., Ph.D., Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI) Ubaya.

Visitasi AUN QA dilakukan selama tiga hari mulai Selasa (7/5/2019) sampai dengan Kamis (9/5/2019). Dan penilaian dilakukan diantaranya memvalidasi kelengkapan borang yang dimiliki oleh masing masing prodi berdasarkan 11 kriteria penilaian standardisasi Asean.

Standardisasi Adean tersebut adalah hasil pembelajaran yang diharapkan (expected learning outcomes), spesifikasi program (programme specification), struktur dan konten program (programme structure and content), pendekatan belajar dan mengajar (teaching and learning approach), penilaian siswa (student assesment), kualitas staf akademik (academic staff quality), kualitas staf pendukung (support staff quality), kualitas siswa dan pendukung (student quality and support), fasilitas dan infrastruktur (facilities and infrastructure), peningkatan kualitas (quality enchancement), dan hasil (output).
 
Penilaian 11 kriteria itu dilakukan oleh tim assesor dengan melihat secara langsung melalui kunjungan ke Program Studi Psikologi dan Bioteknologi Ubaya.

Tim assesor yang hadir, Selasa (7/5/2019) di kampus Ubaya tersebut adalah: Dr. Sharul Tazrajiman Hj. Tajuddin dari Universitas Teknologi Brunei Darussalam, Assoc. Prof. Dr. Tan Kay Chuan dari National University of Singapore (NUS), Ms. Wilasinee Sittisomboon dari AUN QA Programme Officer, Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug dari De La Salle University (DLSU) Philippines, dan Dr. Nguyen Quoc Chinh dari Vietnam National University Ho Chi Minh City (VNU HCMC) Vietnam.

"Saya berharap kedua program studi bisa tersertifikasi, dan selanjutnya akan disusul dengan program studi yang lain. Jika tersertifikasi artinya program studi telah diakui mempunyai kualitas pada level dan standar di tingkat Asean. Sehingga mempermudah dan memungkinkan Ubaya menjalin kerjasama antar universitas di Asean," pungkas Gunawan.

Seremonial kedatangan dan rencana pelaksanaan visitasi program studi Psikologi dan Bioteknologi Universitas Surabaya (Ubaya), Selasa (7/5/2019) digelar di Gedung Perpustakaan Lt. 5 Kampus Ubaya.(tok/ipg)
 
Update: 08-05-2019 | Dibaca 116 kali | Download versi pdf: Ubaya-Visitasi-2-Prodi-Dalam-Rangka-Internasionalisasi.pdf