BELAJAR PRAKTIK COOKING, DISPLAY DAN SELLING


  • 26-09-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

Manajemen Resto merupakan matakuliah pilihan di Jurusan Manajemen FBE konsentrasi Manajemen & Layanan Pariwisata. Pada pertemuan awal matakuliah ini, mahasiswa diberikan bekal teori-teori dasar didalam mendirikan dan mengelola sebuah restoran mulai dari pemilihan lokasi, jenis restoran yang mau dibuat, pilihan konsep retoran yang dipilih hingga pembuatan menu dan penentuan harga.

Sebelum membuka restoran sebagai proyek akhir, mahasiswa lebih dahulu dibekali oleh aktifitas praktik memasak yang didampingi oleh “Chef”yang berpengalaman di hotel berbintang. Pada aktifitas praktik, faktor utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan restoran adalah citarasa masakan itu sendiri. Mahasiswa dibagi beberapa kelompok dan diminta untuk membuat menu makanan serta mempraktikan, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup dan minuman. Menu-menu yang dipilih mahasiswa tidak boleh ada yang sama di tiap kelasnya. Menu Indonesia (Sulawesi Tengah, Jawa), menu Western(Italy, Belanda, America, Inggris) dan menu Asia (Cina, Jepang). Hasil masakan mahasiswa ini dipresentasikan kepada ”Chef”yang bertugas dan dosen-dosen untuk mendapatkan kritik dan saran.

Sebagai projectakhir, mahasiswa peserta mata kuliah Manajemen Resto diwajibkan melakukan praktik Cooking, Displaydan Sellingdimana mahasiswa didampingi oleh Dosen Manajemen restoran akan secara realmembuka dan menjalankan sebuah restoran selama 3 hari yaitu 9-11 Juni 2014 untuk menerapkan ilmu manajemen retoran yang didapatkan selama perkuliahan. Mahasiswa secara resmi membuka restoran yang bernama 2014 Café and Restodi Lantai 2 Kantin Keluwih dan target pasar dari restoran ini tidak hanya mahasiswa Ubaya namun juga masyarakat umum.

Yang spesial dari restoran ini adalah mahasiswa yang menjalankan planning, operasionalhingga evaluasi restoran mulai dari merancang, menetapkan harga, memasak hingga menyajikan menu. Menu yang disajikan di dalam 2014 Café n Restoadalah sebanyak 15 menu makanan dan minuman, Menu Asia dan Western seperti menu pembuka yaitu Sup Asparagus, club sandwich; menu utama yaitu Chiken Cordon Bleue, Sego Sambel, pizza; hingga menu penutup yang sangat digemari yaitu pannacotadan choco lava. Sedangkan untuk minuman, 2014 café n restomenjual aneka minuman hangat dan dingin seperti ice/hot coffeeand tea dengan berbagai varian rasa, es campur dan aneka mocktail. 2014 Café dan restomendapat sambutan dan respon yang baik dari sebagian besar pengunjung bahkan sempat diliput oleh Surabaya Food Scientist, salah satu komunitas pecinta kuliner di Surabaya.

Proses belajar melalui praktik sangat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa, karena selain mendapatkan pengetahuan tentang konsep bisnis restoran, meningkatkan ketrampilan operasional bisnis restoran juga merupakan proses belajar yang menyenangkan, terbukti dengan dibukanya 2 kelas paralel walaupun matakuliah ini adalah matakuliah pilihan. Itupun tidak mampu menampung semua mahasiswa yang ingin mengambil matakuliah Manajemen Resto ini…………

VIVAT JMFBE.

Update: 26-09-2014 | Dibaca 6897 kali | Download versi pdf: BELAJAR-PRAKTIK-COOKING--DISPLAY-DAN-SELLING.pdf