Ubaya Global Academy, Proses Belajar Tanpa Tembok Ruang Dan Waktu


  • 03-09-2022

Universitas Surabaya (Ubaya) mendukung pembelajaran untuk siapa saja, bahkan melampaui tembok-tembok demografis dan waktu. Mendukung hal ini, Ubaya memiliki Ubaya Global Academy sebagai ujung tombak pembelajaran tanpa batas, terciptanya education beyond the classroom. Pada kesempatan ini Henry Hermawan, S.T., M.Sc., selaku Direktur Pusat Pengembangan Kurikulum Pembelajaran (PPKP) Ubaya menjelaskan mengenai Ubaya Global Academy dan apa benefitnya untuk kita semua. Simak wawancara kami berikut ini!

 

Q: Halo Pak, sebenarnya apa sih yang menjadi basis pendirian Ubaya Global Academy?

A: Jadi Ubaya Global Academy sudah dirintisnya sejak Maret 2021 bertepatan dengan ulang tahun Ubaya. Ubaya Global Academy itu adalah platform pembelajaran yang non-degree, atau non-degree program. Jadi course nya itu bukan hanya untuk mahasiswa yang mengambil program S1 atau S2, namun juga untuk sharing knowledge ke komunitas pembelajar.

 

Q: Berarti Ubaya Global Academy diperuntukkan untuk siapa saja ya Pak?

Benar. Apalagi di luar sana kan banyak orang yang ingin belajar tapi terbentur dengan masalah waktu. Misalnya, waktunya kurang cocok. Atau misal juga dia mau ke Ubaya tapi lokasinya tidak di Surabaya. Nah lalu bisa juga semisal dia ingin belajar tentang satu hal saja, tidak menyeluruh. Misal Manajemen, itu kan banyak topik tapi hanya mau ambil satu saja, atau butuh secara spesifik / hanya butuh sebagian kecil saja. Contoh lagi misal ada yang ingin belajar tentang artificial intelligence tapi hanya mau machine learningnya saja tetapi lainnya tidak mau. Mereka bisa ambil course yang ada di Ubaya Global Academy, yang tersedia sesuai dengan kebutuhannya. Jadi arahnya kesana, untuk membantu komunitas pembelajar dalam mengembangkan diri sesuai kebutuhan.

 

Q: Kebutuhan beragam ini sangat menyesuaikan dengan kebutuhan individu ya Pak?

Betul. Karena nggak mungkin juga bisa buka pelatihan khusus menyesuaikan dengan satu individu. Di Ubaya Global Academy, silahkan diatur menurut kecepatannya sendiri. Di Ubaya Global Academy pun sudah disesuaikan secara otomatis, selesai pertemuan pertama nanti bisa pindah pertemuan kedua dan seterusnya sampai terakhir. Ketika ujiannya lulus, maka akan keluar certificate of completion. Nanti akan keluar secara otomatis dan bisa didownload sendiri.

 

Q: Berarti certificate of completion ini yang akan didapat oleh mereka yang menyelesaikan course ya Pak?

Ya. Nanti di belakang juga ada rinciannya. Ada topik serta kompetensinya apa. Kompetensi ini maksudnya setelah selesai ambil course ini apa yang bisa dia lakukan. Tujuannya supaya nanti kalau yang bersangkutan butuh untuk diajukan—misal belajar di tempat lain atau bagaimana—bisa direkognisi sebagai satuan kredit atau bagaimana. Intinya Ubaya Global Academy ingin membantu orang-orang yang mau belajar sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi tidak harus menghabiskan satu semester.

 

Q: Wah mantap, berarti Ubaya Global Academy ini sangat spesifik, fleksibel, dan tidak memakan banyak waktu ya Pak?

Ya. Apalagi Ubaya Global Academy ini berbahasa Indonesia dan diperkaya dengan kearifan lokal, yakni ciri khas Ubaya ada disana. Semua kontributor Ubaya Global Academy adalah dosen-dosen Ubaya, sehingga sifat, kearifan, ilmu-ilmu praktis yang dimiliki pengajar Ubaya semua tertuang disitu.

 

Q: Mantap Pak, sejauh ini sudah ada berapa banyak?

Cukup banyak, detailnya bisa dilihat di website kami (https://www.ubayaglobalacademy.com/). Disana nanti bisa melihat selain courses per fakultas, ada yang namanya webinar series dan juga workshop series. Untuk kedepan akan ada program akselerasi untuk meningkatkan peran dari dosen Ubaya sebagai kontributor Ubaya Global Academy, nanti akan ada. Kalau dari sisi keilmuan tidak usah ditanya, dosen-dosen Ubaya ini keilmuannya hebat.

 

Q: Luar biasa, berarti termasuk padat ilmu ya Pak?

Ya. Apalagi ciri khas yang ada di Ubaya Global Academy itu lebih ke arah sisi praktisnya. Karena yang dibutuhkan itu biasanya orang-orang yang ambil ini butuh untuk bisa bekerja dan sebagainya. Jadi butuh hal-hal yang praktis lagi, tidak teoritis.

 

Q: Wah berarti biaya coursenya cukup mahal ya Pak?

Tidak. Course di Ubaya Global Academy ini belum berbayar. Sementara ini. Nantinya akan berbayar, walaupun akan terjangkau. Sehingga mumpung gratis ayo dimanfaatkan. Terlebih lagi bagi siapa saja yang ingin mengembangkan diri lebih lagi, silahkan bergabung di Ubaya Global Academy. Course yang tersedia dapat digunakan untuk mengembangkan diri sehingga anda lebih mampu lagi untuk berbuat lebih di dunia masing-masing. Di bidang profesional masing-masing. Jadi silahkan bergabung bersama kami di Ubaya Global Academy!

 

Demikian hasil wawancara kami dengan Pak Henry soal Ubaya Global Academy. Yuk, bagi Ubayatizen dan para praktisi yang ingin mengembangkan diri tanpa terhalang ruang dan waktu, mari bergabung bersama Ubaya Global Academy! Bersama-sama, terapkan education beyond the classroom. (sml)

Untuk info selengkapnya, bisa menghubungi ubayaglobalacademy@unit.ubaya.ac.id, atau hubungi +6231-298 1366. Kunjungi juga laman Ubaya Global Academy, di https://ubayaglobalacademy.com

Update: 03-09-2022 | Dibaca 360 kali | Download versi pdf: Ubaya-Global-Academy--Proses-Belajar-Tanpa-Tembok-Ruang-Dan-Waktu.pdf