Pemberdayaan Potensi Mahasiswa Melalui Program Statistic Assistance Centre Fakultas Psikologi Universitas Surabaya


  • 19-03-2013

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
 
Tidak banyak yang mengetahui eksistensi Statistic Assistance Centre (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Awalnya unit ini didirikan dengan tujuan untuk mendampingi mahasiswa Fakultas Psikologi yang mengalami kesulitan dalam pengolahan data skripsi. Namun seiring perkembangannya, tidak hanya mendampingi mahasiswa Fakultas Psikologi, di beberapa tahun yang lalu juga melakukan layanan pendampingan bagi mahasiswa internal Ubaya dan dari luar Ubaya, baik S1 ataupun S2. Perkembangan yang lain adalah adanya layanan kepada pihak perusahaan yang membutuhkan adanya instrumen pengukuran perilaku, analisis kinerja pegawai, ataupun pengolahan data lain yang terkait dengan statistic. SAC juga berfokus mencari alternatif program pengolahan data tidak hanya tergantung pada 1 software, beberapa yang telah dicoba untuk disebarkan penggunaannya bagi mahasiswa antara lain Statistic Open For All (SOFA), analisis statistik menggunakan program Excel, Program R, StatDirect, dan SalStat. Program-program kerja SAC semuanya dijalankan mahasiswa dengan pendampingan dosen.
 
Program terakhir merupakan program pokok SAC agar mahasiswa tidak mengandalkan satu program saja dalam pengolahan data statistik. Cara kerja yang dilakukan SAC sebagai berikut. Langkah pertama adalah sosialisasi program analisis statistik yang dilakukan oleh dosen pendamping. Dosen pendamping harus memiliki modul terlebih dahulu sehingga dapat menjadi bahan pelatihan bagi asisten SAC. Langkah pertama ini bertujuan membentuk kemauan asisten mencoba program baru.
 
Langkah kedua, dilakukan pelatihan bagi asisten SAC sampai menguasai program yang diberikan. Kemudian asisten SAC masing-masing harus membuat rangkuman pemahaman dan contoh beserta analisis mengunakan program yang telah dilatihkan. Setelah itu semua rangkuman dan contoh beserta analisis masing-masing asisten digabungkan dengan asisten lainnya kemudian dijadikan modul dan dibuat buku untuk diterbitkan ber ISBN. Melalui langkah ini, asisten SAC berlatih menulis karya ilmiah bidang statistika dan melakukan publikasi. Hasil penjualan buku dapat menjadi bukti bahwa mahasiswa juga dapat berwirausaha melalui bidang statistika.
 
Langkah ketiga, sharing tentang program yang baru dikuasai kepada sesama mahasiswa. Selama ini yang menjadi sasaran adalah mahasiswa Fakultas Psikologi yang tertarik dengan bidang pengolahan data statistik dan asisten mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa, sharing forum program ini juga pernah dilakukan bagi guru-guru SMA ataupun dosen internal Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Melalui sharing program ini asisten SAC berlatih untuk menjadi fasilitator pembelajaran juga sebagai ajang promosi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
 
Program SAC ini telah dilakukan secara berkelanjutan, setiap angkatan asisten SAC berpartisipasi dalam program tersebut. Melalui program-program tersebut asisten SAC tidak hanya menjadi pihak pengguna program saja, tetapi juga menjadi pihak aktif sebagai fasilitator pembelajaran bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Semogan tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.