Memperpendek URL Panjang Dengan Bitly


  • 26-07-2019

Oleh: Fadjar Efendi Rasjid, S.Kom.

Staf Direktorat Sistem Informasi Manajemen

Apa itu URL?  URL adalah Uniform Resource Locator dimana hal ini merujuk pada karakter tertentu, biasanya berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www). URL adalah alamat website. Contohnya: https://www.akademibisnisdigital.com/#/starter?ref=Fadjb476&funnel=Starter1

Kadang kala kita ingin memperpendek link URL web atau blog kita. Memperpendek URL atau URL Shortener adalah sebuah cara mengubah alamat Website/blog yang sebelumnya panjang menjadi lebih pendek (Ringkas).

Untuk apa kita ingin memperpendek URL? Kadang kala kita ingin membagikan (share) link kita, halaman yang kita bagikan ke internet akan terlihat lebih enak dilihat, tidak terlihat url yang mungkin sangat panjang, sehingga user(pengguna internet) lainnya tidak merasa terganggu(tidak nyaman) dengan link share kita.

Tujuan lain dari memperpendek URL ini untuk menunjang dari jualan online, URL ini biasanya disebar di sosmed, serta link yang tersebar bisa dicustom sesuai keinginan agar semakin mudah diingat customer.

Contohnya :

Link asli:
https://www.akademibisnisdigital.com/#/starter?ref=Fadjb476&funnel=Starter1

Bisa disingkat menjadi:
http://bit.ly/2Yev4yc

Nah itulah contoh untuk mempersingkat URL kita supaya lebih pendek, sehingga apabila kita ingin memasarkan produk-produk digital kita ke internet, akan terlihat lebih enak dilihat.

Ada beberapa penyedia Jasa untuk memperpendek URL yang kita buat, diantaranya Bitly.com, Goo.gl (Google URL Shortener), IS.gd dan lainnya yang biasanya digunakan oleh para User atau Pebisnis Online. Penyedia layanan URL Shortener ini bisa anda gunakan secara Gratis alias Free. Paling sering User menggunakan Bitly.com untuk Share Artikel/post.

Bagaimana cara membuatnya?

Baiklah ikuti urutan dibawah berikut ini:

  1. Kunjungi situs https://bitly.com/
  2. Daftar/Login, bisa menggunakan facebook/google akun
  3. Create bitlink, kemudian masukan long url(url tujuan)
  4. Setelah itu akan otomatis dialihkan ke proses berikutnya, bagian customize klik short url bit.ly/**** yang masih acak tersebut untuk kita ubah huruf/kata-katanya.
  5. Jika sudah, maka anda bisa klik Save

Link pendek yang dihasilkan ini adalah link acak, maka hasilnya sedikit merumitkan mata walaupun tidak terlalu panjang. Contoh hasilnya seperti ini: http://bit.ly/2Yev4yc. Sebelum menutup jendela pembuatan URL pendek, kamu dapat mengganti karakter acak itu dengan kata yang diinginkan misalnya menjadi http://bit.ly/starter1.

Pada halaman dashboard bitly, anda bisa memantau statistik jumlah klik, dan juga daftar link yang sudah di custom. Silakan di explore sendiri.

Baiklah, demikian artikel kali ini tentang Cara Membuat URL yang panjang Menjadi pendek dengan Bitly, Membuat Custom Short URL Bitly Dengan Mudah. Semoga mudah dipahami dan dipraktekan.

 

Update: 26-07-2019 | Dibaca 139031 kali | Download versi pdf: Memperpendek-URL-Panjang-Dengan-Bitly.pdf