Selain terkenal dengan multikulturalismenya, Ubaya juga dikenal kerap menjalin kerjasama dengan berbagai negara dalam bidang pendidikan, salah satunya Amerika. Hal ini dibuktikan dalam Penandatanganan MoU Antara Ubaya dan Education USA,di lantai 2 gedung International Village Ubaya, oleh Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, Heather C. Variava.

Acara yang terlaksanapada tanggal 16 November 2016, pukul 11.30 tersebut dihadiri oleh dua pihak, yakni representativedari Ubaya dan Amerika yang keseluruhannya berjumlah tujuh orang. Dari Ubaya hadir Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku Wakil Rektor I Ubaya, Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons), M.A., Ph.D. selaku Direktur Kerjasama Kelembagaan Universitas Surabaya, sertaAdi Teja Kusuma, B.Bus M.Com.,Manajer Kerjasama Internasional Direktorat Kerjasama Kelembagaan Universitas Surabaya. Sedangkan dari pihak Amerika hadir advisor Education USA Surabaya yakni Ratna Widjaja, Heather C. Variava selaku Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya beserta satu orang perwakilan Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, dan satu orang perwakilan dari U.S. Embassy Jakarta.

Agenda dalam acara penandatanganan tersebut cukup sederhana, dimulai dengan kata sambutan, diskusimengenai bagaimana cara meningkatkan kerjasama untuk ke depannya, prosesi penandatanganan perpanjangan ruang EducationUSA dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Keputusan perpanjangan ruang Education USA juga sebagai penanda berlanjutnya jalinan kerjasama Ubaya dan Amerika untuk lima tahun ke depan.

“Penandatanganan ini berlangsung rutin karena harus dimonitor implementasinya serta dilakukan evaluasi tiap masa lima tahun akan berakhir, dari segi aktivitas juga efisiensi agar ke depannya dapat lebih baik lagi,” jelas Adi Teja Kusuma, B.Bus M.Com

Dengan adanya Education USA di Ubaya, kebutuhan akan informasi pendidikan di Amerika baik S1 ke S2, maupun dari SMA ke S1 semakin terfasilitasi. Awal mulanya, AMINEF sebuah organisasi non-profit khusus binasional antara Amerika dan Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Ubaya di tahun 2009. AMINEF memfasilitasi informasi mengenai beasiswa, pertukaran pelajar, hingga menyediakan jasa konsultasi melalui Education USA.

Education USA memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia, namun yang bertempat di lantai 2 gedung HI Ubaya saat ini merupakan satu-satunya cabang di Surabaya. Manajer Kerjasama Internasionalmenjelaskan bukan hanya info mengenai kesempatan mengenyam pendidikan di Amerika, namun Education USA juga dapat memberikan informasi mengenai persyaratan, pengurusan VISA, dan masih banyak lagi. Layanan ini buka mulai pukul 09.00-16.00 dari hari Senin sampai Jumat. (liv)