BERITA

Universitas Surabaya Rangkul 23 Universitas China

23 Universitas China Tertarik Ubaya

Saturday, 26 May 2012
SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) kembali melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi (PT) di China. Setelah bekerja sama dengan sembilan PT tahun lalu, kali ini Ubaya melakukan kerja sama dengan 23 PT dari China.

Kerja sama ini dilakukan untuk memperluas jaringan, meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) baik di kalangan karyawan, mahasiswa, dosen, serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian. ”Saya ingin kerja sama dengan perguruan tinggi dari China bukan hanya pertukaran mahasiswa, tetapi lebih khusus,” kata Wakil Rektor I Ubaya Nemuel Daniel Pah, kemarin.

Dalam pertemuan ini, 23 universitas dari China bertemu dengan pihak Ubaya sekitar pukul 14.00 WIB di Gedung International Village Kampus Tenggilis Universitas Surabaya, Jalan Raya Kali Rungkut. Pertemuan berlangsung sekitar 2,5 jam untuk membahas kemungkinan kerja sama antara Ubaya dan Universitas di China. ”Pertemuan ini sangat penting karena di sana kami akan membicarakan masalah yang cukup strategis terkait berbagai peluang yang mungkin bisa kita lakukan bersama, mengingat China sekarang menjadi salah satu negara yang berkembang dengan pesat,” ungkapnya.

Selain membahas kemungkinan kerja sama dengan Ubaya, delegasi dari Universitas di China ini akan diajak berkeliling kampus Ubaya Tenggilis guna meninjau lebih lanjut berbagai fasilitas yang ada.Harapan dari pertemuan ini selain saling mengenal antaruniversitas dan juga terealisasi kerja sama Ubaya dengan PT China. Dalam pemaparan ini,Ubaya dan 23 universitas China membahas potensi masing- masing univesitas yang memungkinakan untuk dilakukan kerja sama dengan Ubaya,baik dalam penelitian, pengembangan SDM, pertukaran maha-siswa, sampai pemberian beasiswa.

”Saya ingin kerja sama berlanjut pada persoalan riset.Ini akan lebih berarti,”ungkap Nemuel. Sebagai langkah awal, ungkapnya, Ubaya telah mengirimkan sepuluh mahasiswa jurusan psikologi ke China untuk melakukan penelitian tentang kewirausahaan (entrepreneurship). Dengan kerja sama itu, lanjut Nemuel,kerja sama tentang penelitian di masing-masing fakultas dengan 23 PT di China bisa terealisasi semua. ”Untuk memajukan perguruan tinggi, kuncinya adalah memajukan riset di setiap jurusan,” bebernya.

Sementara itu, Director Studying In China Xiong Sheng mengatakan, Ubaya merupakan tempat yang potensial dalam melakukan pertukaran pelajar. Menurut dia, China akan terus melakukan hubungan dengan Ubaya supaya bisa menghasilkan yang positif. ”Semoga pertemuan kali ini bisa ditindak lanjuti. Saya tidak ingin pertemuan ini tidak menghasilkan, semoga sampai pada pelaksanaan,”katanya.

Untuk menyeriusi kerja sama ini, Xiong Sheng mengaku sudah melakukan penjajakan bekerja sama dalam persoalan riset. Untuk tahap awal, riset yang akan dilakukan adalah terkait industri. ”Kami akan melakukan penjajakan lebih dalam pada pertemuan berikutnya. Kayaknya riset soal industri sangat menarik,”beber dia. (arief ardliyanto)

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com


Universitas Surabaya rangkul 23 universitas China

Surabaya (ANTARA News) - Universitas Surabaya merangkul 23 universitas di China dengan menjalin kerja sama "U to U" (antar-universitas) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian.

"Bentuk kerja sama itu kami bahas dengan 23 delegasi universitas di China di International Village Ubaya Kampus Tenggilis," kata Rektor Ubaya Prof Joniarto Parung PhD di sela pertemuan di kampus setempat, Jumat.

Delegasi dari 23 universitas di China itu antara lain dari Capital Normal University, Shanghai Jiao Tong University, University of International Business and Economics, Beijing Language and Culture University, dan Shanghai International Studies University.

Selain itu, Beijing University of Chemical Technology, Communication University of China, Shanghai University, East China Normal University, Northwest A&F University, Donghua University, Jiangnan University, Guangxi University, China Medical University, dan Zun Yi Medical College.

Berikutnya, XingYi Normal University for Nationalities, Guizhou University for Nationalities, Guizhou Normal University, Guizhou Power Vocational and Technical College, Kaili University, Guiyang Nursing Vocational College, North China University of Technology, dan Liaoning Medical University.

"Pertemuan itu sangat penting karena kami akan membicarakan masalah yang cukup strategis terkait peluang-peluang yang mungkin bisa kita lakukan bersama, mengingat China sekarang menjadi salah satu negara yang berkembang dengan pesat," kata Kepala Hubungan Internasional Ubaya, Adi Teja Kusuma, B.Bus M.Com.

Selain membahas kemungkinan kerjasama dengan Ubaya, delegasi dari universitas di Cina ini akan diajak berkeliling kampus Ubaya Tenggilis guna meninjau lebih lanjut fasilitas-fasilitas yang ada.

"Harapan dari pertemuan ini, selain saling mengenal antar-universitas, juga terealisasi kerja sama Ubaya dengan peserta lawatan, baik dalam penelitian, pengembangan SDM, pertukaran mahasiswa, sampai pemberian beasiswa," katanya.

Darmasiswa

Sementara itu, tiga mahasiswa asing yang sudah setahun kuliah di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya yakni Julija, Joanna, dan Milka menggelar acara perpisahan bersama mahasiswa asing dari kampus lain di Gedung Teater UK Petra Surabaya, Kamis (24/5) malam.

Mereka adalah sebagian dari mahasiswa asing yang menjadi peserta Darmasiswa yang mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia kepada dunia internasional.

Surabaya menjadi salah satu daerah tujuan bagi para peserta Darmasiswa. Pada tahun ajaran akademik 2011/2012, ada empat universitas yang menjadi pengelola program itu di Surabaya, yaitu Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya dan UK Petra.

Acara berakhirnya masa pembelajaran itu digelar di UK Petra Surabaya dan dihadiri mahasiswa asing dari keempat universitas serta sejumlah pejabat, seperti Wali Kota Surabaya, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Surabaya, Kepala Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jatim.

(E011/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Sumber: http://www.antaranews.com


Ubaya to work with Chinese universities

The University of Surabaya (Ubaya) is working with 23 universities in China in an effort to create better research and learning opportunities.

The joint effort was discussed at a meeting with Chinese university delegates at Ubaya on Friday.

"We discussed problems that are pretty strategic, relating to opportunities where the two countries could work together, especially considering that China is one of the fastest-growing nations in the world right now," said Adi Teja Kusuma, the university's head of international relations, as quoted by Antara news agency.

"Aside from getting to know one another, we hope we can create better opportunities for research, scholarships and student exchanges."

The Chinese universities include the Capital Normal University, Shanghai Jiao Tong University, the University of International Business and Economics, the Beijing Language and Culture University, and the Shanghai International Studies University. (png)

Sumber: http://www.thejakartapost.com
 

Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2013/content/news_detail/940/Universitas-Surabaya-Rangkul-23-Universitas-China.html