Raih Emas, Mahasiswa Ubaya Dapat Beasiswa

SURABAYA I SURYA Online - Penghargaan khusus diberikan Universitas Surabaya (Ubaya) kepada mahasiswanya yang menjadi atlet SEA Games 2011 kemarin. Sebanyak tujuh mahasiswa berhak atas beasiswa selama satu tahun penuh. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Rektor Ubaya Prof Joniarto Parung, Senin (28/11/2011) siang tadi.

Sebelum menyerahkan penghargaan khusus serta beasiswa, ketujuh mahasiswa Ubaya itu disambut rekan-rekannya satu kampus, BEM, para dosen, para dekan, dan jajaran rektorat di Perpustakaan Ubaya. Kedatangan mereka dari SEA Games disambut bak pahlawan.

Apalagi dua mahasiswa yang pulang dengan membawa emas. Yakni Serafi Anelies Unani, mahasiswa semester lima Hukum (emas nomor lari cepat 100 m puteri) dan Octavian Riyanto, semester lima jurusan Multimedia (emas estafet nomor renang surface 4 x 100 m).

Selain keduanya yang membawa pulang emas, Dwi Harioko, salah satu timnas basket nasional juga pulang membawa perunggu. Sementara empat atlet SEA Games lain belum berhasil menyumbang medali di nomor atletik, dan nomer lain.

“Kalian adalah pahlawan kampus. Kami bangga dengan prestasi kalian. Ubaya ikut bangga berama kalian. Sebagai apresiasi atas prestasi ini, kalian kami beri beasiswa,” ucap Joniarto di hadapan atlet Seagames Ubaya.

Selama satu tahun, ketujuh mahasiswa tersebut berhak atas beasiswa rata-rata Rp 15 juta. Namun menurut Joniarto, penghargaan itu jangan dilihat dari nominalnya. Tapi makna dan kebanggaannya.

Memang dibanding bonus medali yang diberikan pemerintah kepada atlet tak ada apa-apanya. Medali emas berhak atas bonus Rp 200 juta per atlet. Perak 50 juta. Serafi Anelies sendiri berhasil meraih emas dan perak di nomor lari.

“Sejak kelas tiga SD saya suka lari. Porseni, pelatda, sampai Pelatnas saya lalui. Hasilnya, baru saya rasakan sekarang. Bonus nanti untuk membangun rumah keluluarga di Benowo,” ucap Serafi, mahasiswa Papua kelahiran Surabaya ini saat ditemui surya.co.id.

Sumber: http://www.surya.co.id

 

Mahasiswa Ubaya Sumbang 2 Emas di Sea Games XXVI

Surabaya - Riyuh kemenangan Indonesia di Sea Games XXVI Palembang lalu tak bisa dipisahkan dari Surabaya. Sebab, dua emas yang diraih merupakan keringat dari dua arek Suroboyo yang kini masih dalam status mahasiswa di Universitas Surabaya (Ubaya).

Mereka adalah Serafi Anelis Unani (22) dan Octavian Riyanto (20) yang masih duduk di semester 5 di Ubaya. Serafi meraih emas di cabang sprinter 100 meter dalam waktu 11,69 detik. Sementara Octavian juga mendapat emas dari cabang Finswimming (selam) estafet surface jarak 4x100 meter putra dalam waktu 2 menit 29 detik.

Serafi mengaku telah mempersiapkan performa untuk Sea Games sejak 2 tahun yang lalu. Namun, sejak H-6 bulan Sea Games ia terpaksa cuti kuliah untuk fokus berlatih.

"Karena harus fokus salah satu, kalau nggak, nggak bisa total," kata Serafi saat ditemui di Perpustakaan Ubaya, Jalan Tenggilis, Senin (28/11/2011).

Sedangkan Octavian telah mengajukan cuti pada H-1 tahun Sea Games. Pria yang memiliki tinggi 178 cm dan berat badan 72 kg ini juga harus berangkat ke Yantai, China untuk mengikuti latihan khusus di H-2 bulan Sea Games. Kerja kerasnya ini membuahkan hasil yang maksimal dengan perolehan satu emas yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

"Umumnya sih kalau dapat satu emas, seharga Rp 200 juta," ungkap Octavian bangga.

Sulung dari dua bersaudara ini mengaku tak ingin membelanjakan hasil dari perolehan emasnya. Octavian justru ingin menabungkan duit hasil kerja kerasnya untuk biaya sekolahnya ke depan.

Atas prestasi olah raga ini, Serafi dan Octavian mendapatkan beasiswa selama 1 tahun dari Ubaya. Meski begitu, keduanya mengaku tetap akan mengutamakan prestasi akademiknya di luar prestasi olah raga.

"Cita-citaku sih simple, pengen jadi orang baik. Profesi sebagai atlet ini seperti hobi saja," kata pria kelahiran 10 Oktober 1991.

(nrm/bdh)

Dikutip dari: http://surabaya.detik.com