BERITA

ICT Dan Otomasi Robotika Di Universitas Surabaya

Persiapkan Lulusan Go International dan Menjadi Electropreneur

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat semua bidang kehidupan manusia menjadi serba otomatis dan seakan-akan dunia terletak dalam genggaman tangan manusia. Produk yang dipakai sehari-hari sudah menjadi serba otomatis dan pintar dengan berbagai fitur canggih.

Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi tersebut, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya (TEFT Ubaya) meluncurkan kurikulum baru 2010 dengan fokus pada dua program peminatan, yakni ICT (informtion and communication technology) dan otomasi robotika. Peminatan ICT membekali mahasiswa dengan kemampuan menggunakan, merancang, menganalisa, mengoptimasi, dan mengimplementasikan peralatan eletronika komunikasi (gadget) untuk berbagai aplikasi.

Sedangkan peminatan otomasi robotika membekali mahasiswa dengan kemampuan mengoperasikan, merancang, menganalisa, dan mengimplementasikan sistem produksi otomatis/robotics yang dipakai di dunia industri. Selain membekali mahasiswa dengan kemampuan hard skill, mahasiswa dibekali dengan kemampuan soft skill, seperti berkomunikasi, kepemimpinan, dan team work.

Kembangkan Konsep Elektropreneurship
Salah satu keunggulan kurikulum 2010 di jurusan TE FT Ubaya adalah dikembangkannya konsep elektropreneurship. Konsep itu membuat proses perkuliahan menjadi lebih dinamis dan inovatif karena mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman membuat suatu produk elektronika secara menyeluruh mulai tahapan perencanaan dan analisa pasar, perancangan, pembuatan, sampai penjualan produk. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris secara aktif, kemampuan menulis dan mempresentasikan ide, wirausaha dan berinovasi, membuat suatu proyek secara terintegrasi, serta kemampuan manajemen proyek.

Lulusan Go International
Kualitas lulusan Teknik Elektro Ubaya juga sudah diakui oleh berbagai perusahaan nasional, multinasional, dan international serta perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri. Hal itu dapat dilihat dari alumni-alumni Teknik Elektro Ubaya yang bekerja di berbagai perusahaan di dalam dan di luar negeri serta melanjutkan studi atau menerima beasiswa di berbagai perguruan tinggi Indonesia juga di berbagai negara seperti Singapura, Taiwan, Australia, Jerman, dan Italia. Untuk menjaga mutu lulusan tersebut, selain mempunyai kurikulum yang up to date dan berstandar internasional, kualitas peralatan dan teknologi serta kualitas staf pengajar menjadi perhatian utama. Dengan demikian, mahasiswa bisa menyerap ilmu dengan baik dan ketika lulus, alumni tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan beasiswa untuk studi di berbagai perguruan tinggi di luar negeri atau bekerja di perusahaan skala internasional dan multinasional.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kurikulum baru TE FT Ubaya silakan kontak ke Benny Lianto (031)298-1250 dan Nemuel Pah (031)298-1254.(xav)

Sumber: Jawa Pos, 03 April 2011

Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2013/content/news_detail/673/ICT-Dan-Otomasi-Robotika-Di-Universitas-Surabaya.html