Janji Frangky Effendy mahasiswa Desain dan Manajemen Produk Universitas Surabaya angkatan 2007 untuk berprestasi dalam dunia desain kembali dibuktikan. Setelah meraih juara dalam “Toothbrush Competition” beberapa waktu yang lalu, mahasiswa yang saat ini sudah bekerja di salah satu perusahaan di Surabaya ini kembali mengukir prestasi dalam Lomba Desain Kriya Bambu “Awi-Awi Mandiri 2010”. Franky alumni SMA Frateran Surabaya akhirnya berhasil masuk Finalis dan menyisihkan hampir sekitar 300-an karya desain dari beberapa perguruan tinggi dan praktisi desain di Indonesia.

Awi-Awi Mandiri 2010 ini sendiri berbeda dengan dua penyelenggaraan Awi-awi Mandiri sebelumnya. Pada penyelenggaraan tahun ini lomba akan mengacu kepada suatu tema tertentu berbahan dasar bambu yang  kreatif, inovatif, aktual, laik produksi, sehingga sanggup menembus tantangan pasar. Sehubungan dengan sedang diajukannya angklung ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) agar diakui sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia, maka tema Lomba Desain Kriya Bambu Awi-Awi Mandiri 2010 adalah “Angklung Bagi Dunia.”

Pada Lomba desain Awi-Awi Mandiri 2010 ini, ada tiga Kriteria Lomba. Pertama, Re-desain atau Pengembangan Desain Angklung, dimana peserta dipersilakan dengan segenap kreativitasnya untuk membuat rancangan baru perangkat angklung dengan tetap memperhatikan fungsinya sebagai alat musik. Kedua, Angklung sebagai Elemen Estetik Interior, dimana peserta diharapkan merancang benda-benda pengisi ruangan seperti vas bunga, perlengkapan rumah tangga, hiasan dinding, sekat hingga rak buku, partisi atau penyekat ruangan, tempat sendok dan garpu, dan berbagai perlengkapan interior lainnya dengan merujuk bentuk atau menjadikan angklung sebagai elemen dasarnya. Ketiga, Varian Pelengkap Tampilan Angklung, seperti kita ketahui bahwa ketika angklung sedang tidak dimainkan sepatutnya ditempatkan pada sarana yang layak.

Selanjutnya Frangky akan menjalani masa karantina pada tanggal 15 – 19 Desember 2010 di Saung Angklung Mang Ujo Bandung, dan pada tanggal 18 Desember 2010 karya Frangky akan di Pamerkan di Balai Kartini Jakarta, bertepatan dengan penganugrahan Awi-Awi Mandiri Award 2010.

Seringnya mahasiswa Desain dan Manajemen Produk menjuarai beberapa kejuaraan di bidang Desain tingkat nasional menurut Yuwono B Pratiknyo, ST.MT, Koordinator Program Desain dan Manajemen Produk, Semua itu tidak terlepas dari keaktifan mahasiswa dalam proses penggalian ide dan gagasan yang ditunjang oleh sistem pembelajaran di DMP. “ Kami beserta seluruh Dosen Desain dan Manajemen Produk selalu memotivasi dan memberi dukungan penuh kepada Mahasiswa yang akan mengikuti lomba-lomba di bidang Desain, karena prestasi ini tidak hanya menjadikan nilai lebih bagi mahasiswa namun juga mengenalkan Desain dan Manajemen Produk UBAYA di Indonesia” Ujar Yuwono.