Mewujudkan masyarakat Indonesia yang hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata tercantum dalam visi Program Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sebagai negara dengan total penduduk lebih dari 250 juta jiwa, tak berlebihan bila pembangunan kesehatan menjadi suatu investasi penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalamnya.

Bermula dari fenomena di atas, Ubaya menghadirkan Klinik Medis Universitas Surabaya sebagai suatu manifestasi nyata pengembangan bidang kesehatan. Dibuka sejak 7 September 2006, klinik ini dibuka pula untuk melayani masyarakat umum dengan berbagai layanan yang bersifat kuratif, preventif, mau pun rehabiltatif. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang makin berkembang, tak hanya terkait perawatan pencegahan mau pun  pengobatan, namun juga perawatan kebutuhan khusus seperti estetika atau kecantikan.

Didukung dengan sistem manajemen yang sudah berstandar ISO 9001:2008, berbagai upaya dan inovasi telah banyak tercipta berkat dukungan staf medis yang kompeten di bidangnya. Hasilnya, hingga saat ini Klinik Medis Ubaya mampu memberi layanan kesehatan seperti peralatan medis yang memadai, apotek Ubaya, laboratorium kesehatan, serta layanan dalam merujuk ke rumah sakit dengan cepat sehingga pelayanan optimal saja yang diberikan pada masyarakat.

Berorientasi pada visi menjadi penyedia layanan kesehatan yang representatif bagi mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat umum dalam menunjang Ubaya sebagai ‘the first university in heart and mind’, Klinik yang dibawahi langsung oleh Wakil Rektor II ini memiliki misi penting dalam menciptakan komunitas kampus mau pun masyarakat umum yang sehat dalam aktivitas dan produktivitasnya. Untuk mengoptimalkan layanan, klinik ini menyediakan layanan poli gigi serta poli umum. Ada pun beberapa layanan yang disediakan oleh klinik umum adalah pemeriksaan kesehatan dan konsultasi, vaksinasi kanker mulut rahim, vaksinasi hepatitis B, vaksinasi influensa, jahit luka, ekstraksi kuku, dan rawat luka. Sedangkan layanan kesehatan klinik gigi mencakup pemeriksaan dan konsultasi, penambalan gigi, pencabutan gigi, pembersihan karang, pembuatan gigi palsu, hingga bleaching.

Manajemen yang telah distandarisasi ISO pun menjadi suatu nilai lebih dari klinik ini. Dalam formularium obat, Klinik Medis Ubaya selalu menyesuaikan dengan perkembangan obat sehingga evalusi selalu dilakukan bahkan revisi tiap satu tahun tak enggan dilakukan bila diperlukan. Terkait hal ini, klinik menggandeng Apotek Ubaya dan PIOLK Ubaya. Obat-obatan emergensi dan ISO atau IIMS pun bisa disediakan oleh klinik yang terletak di samping kampus Ubaya Tenggilis ini. Layanan rekam medis yang ditawarkan juga dipastikan melalui sistem komputerisasi hingga inventarisasi data pasien akan tersimpan dengan baik.

Nah, sarana yang menunjang ditambah tenaga medis dan dokter yang kompeten di bidangnya sudah dimiliki Klinik Medis Ubaya. Tak perlu meragukan kualitas layanannya, bukan? (mei/wu)