Listyo Yuwanto
Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Salah satu luaran yang dihasilkan dari Program Psychology for Disaster yang dilakukan Fakultas Psikologi Ubaya melalui laboratorium Psikologi Umum dan Statistic Assistance Centre bagi pengungsi Merapi adalah munculnya ide Social Stories Ala Punakawan Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ide ini kemudian diwujudkan dengan dana hibah kompetisi Tanoto Education Grant. Langkah awal yang dilakukan adalah memberikan pelatihan pada bunda PAUD Desa Kepuharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Tim Fakultas Psikologi Ubaya yang terdiri dari Listyo Yuwanto,Marvel Joel Tetan El,Nadia Sutanto,Cyntia Maria,Grace Karlinda,Karolina Arif, Kristianto Batuadji dan Agnes Fellicia selama 5 minggu memberikan materi, role play, dan praktik sehingga bunda PAUD mampu menerapkan mandiri.
 
Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak anak berusia dini. Salah satu media yang dapat digunakan adalah social stories Punakawan. Punakawan yang terdiri atas Semar,Gareng,Petruk,dan Bagong memiliki karakter positif yang dapat menjadi model pendidikan karakter. Makin lunturnya budaya bangsa juga mendasari ide penggunaan punakawan sebagai media pendidikan karakter.

Berjalannya program ini menunjukkan sinergi para pemerhati pendidikan karakter. Fakultas Psikologi melalui dosen dan mahasiswa mewakili lembaga pendidikan,bunda PAUD dan Tanoto Foundation mewakili masyarakat dan organisasi sosial masyarakat. Pengalaman penulis dalam menjalankan program ini lebih terasa greget dan hasil lebih luas bagi masyarakat bila dibandingkan program psychology for disaster yang dijalankan secara mandiri.

Luaran program ini adanya buku berjudul Social Stories Ala Punakawan : Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Buku ini berisi tulisan tim pelatih Fakultas Psikologi Ubaya dan karya bunda PAUD Desa Kepuharjo. Buku ini diterbitkan ber-ISBN oleh salah satu penerbit di Jakarta dan sedang dalam proses pengurusan hak cipta. Cover buku adalah rancangan Citra Stephanie Peodjianto Adi mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya sehingga makin banyak pihak yang mendukung program ini. Uang penjualan buku digunakan untuk pengembangan PAUD Desa Kepuharjo. Luaran yang lain adalah kerjasama peningkatan kreativitas guru Tk dan berbagi ketrampilan bagi mahasiswa kepada guru desa.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi pembaca.

Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/60/Social-Stories-Ala-Punakawan-Media-Pendidikan-Karakter-Anak-Usia-Dini---Karya-Kami-Di-Merapi.html