Program Kekhususan Multimedia

Akreditasi
BAN-PT SK No. 021/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009

Kurikulum
Kurikulum yang dimiliki oleh Program Multimedia UBAYA dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan di dalam bidang desain serta implementasi multimedia bagi para mahasiswa. Mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih di bidang desain web, pembuatan game, pemodelan objek dan animasi 3D, film animasi, penggunaan pelbagai media dalam berbagai aplikasi dan sebagainya.

Beban Studi
Total 144 sks dengan masa studi normal 8 semester, dibagi menjadi 123 sks matakuliah wajib dan 21 sks mata kuliah pilihan.

Fasilitas
Program Multimedia UBAYA dilengkapi dengan berbagai laboratorium yang lengkap dan modern untuk menunjang kegiatan praktikum dan penelitian.
Terdapat beberapa laboratorium komputer yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan beberapa fasilitas penunjang di bidang multimedia.

Bidang Kerja Lulusan
Para sarjana lulusan Program Multimedia akan berprofesi sebagai New Media Developer, Web Designer and Programmer, 3D Modeller/Animator, Games Developer, Video/Sound Producer.

Kualifikasi Pengajar
Pengajar di Program Multimedia merupakan tim pengajar yang terdiri atas akademisi dan praktisi industri di bidang komputer dan multimedia.

Sekilas tentang Program Multimedia

Program Multimedia UBAYA merupakan salah satu program baru di Fakultas Teknik UBAYA yang akan dimulai pada tahun ajaran 2007-2008. Program ini mulanya merupakan salah satu konsentrasi di Jurusan Informatika, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah program dengan penambahan materi di bidang multimedia, desain grafis, animasi, pembuatan game interaktif, video dan audio editing, serta desain dan pemrograman website interaktif. Program Multimedia UBAYA menerima siswa SMU yang berasal dari jurusan IPA/IPS serta SMK yang relevan.

Mahasiswa Program Multimedia akan menempuh studi selama 4 tahun (masa studi normal) dan mempelajari 144 sks terdiri atas 120 sks matakuliah wajib dan 24 sks matakuliah pilihan.

Materi-materi yang diajarkan

  • Multimedia Interaktif
    Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif.
  • Desain Grafis
    Merupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)
  • Animasi
    Animasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.
  • Video dan Sound Editing
    Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll).
  • Desain dan Pemrograman Website Dinamis
    Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu.
  • Pembuatan Game Interaktif
    Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.
  • Pemrograman Database
    Pemrograman database akan mempelajari secara komprehensif mulai dari tahap awal sampai akhir pembuatan program komputer yang dihubungkan dengan database untuk dapat melakukan pencatatan, pencarian, pengubahan informasi serta analisa informasi dari data-data yang telah disimpan pada database.


Beberapa pertanyaan mendasar

  1. Apakah dituntut penguasaan menggambar yang tinggi ?
    Secara umum tidak dituntut penguasaan/bakat menggambar, karena kemampuan menggambar bukan faktor utama dan dasar dalam mempelajari program multimedia. Program Multimedia akan mengajarkan penggunaan komputer untuk mengasah kemampuan di bidang desain grafis dan pemrograman komputer sehingga sebagai salah satu contoh dapat menghasilkan gambar yang menarik
     
  2. Apakah perbedaan ikut kursus desain komputer dengan kuliah di Program Multimedia ?
    Pendidikan kursus lebih banyak ditekankan pada sisi penguasaan secara praktis (baca:instant dan khusus) sehingga kurang menguasai tentang alasan/dasar dari sebuah konsep.  Misalnya kenapa suatu brosur dapat kelihatan menarik ? Ada beberapa faktor-faktor tentang “manusia” yang harus diperhatikan misalnya komposisi warna, bentuk dan ukuran font/tulisan, dll. Tanpa penguasaan itu maka seorang yang “kurang” mempunyai bakat menggambar akan mendesain sebuah gambar dengan komposisi warna yang tidak nyaman untuk dilihat.
    Sehingga tidak hanya bagaimana caranya untuk membuat brosur tapi lebih dari itu adalah hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah desain grafis.
    Program Multimedia selain mengajarkan aplikasi praktis juga mengajarkan latar belakang (konsep) sehingga akan membuat pemahaman yang lebih baik, termasuk kemungkinannya untuk melanjutkan studi lanjut (S2).
    Pemahaman akan konsep ini penting sehingga jika diperhadapkan pada permasalahan yang lebih kompleks, mahasiswa dapat mengerti permasalahan secara komprehensif (menyeluruh) dan memberikan solusi yang terbaik.
     
  3. Bekerja sebagai apakah lulusan Program Multimedia ?
    Para alumni dapat bekerja sebagai :
    • Graphic designer
    • Multimedia developer
    • Web designer
    • Web developer
    • Web programmer
    • 3D/2D animator
    • Games developer
    • Video/sound engineer
    • IT Programmer
    • Praktisi di bidang periklanan, Production House, dll.
       
  4. Apakah bedanya dengan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Informatika ?
    Mahasiswa Program Multimedia mempunyai PERSAMAAN dengan mahasiswa Jurusan Informatika dalam hal :
    • Windows & Database Programming
    • Matakuliah UMUM (MKU)
    • Dasar-dasar multimedia programming
    • Dasar-dasar graphic design & web design
    • Web Programming
    • Dasar-dasar Jaringan Komputer
    • 50% matakuliah Program Multimedia sama diambil dari Matakuliah Wajib dan Matakuliah Pilihan dari Jurusan Informatika
       
  5. Mahasiswa Program Multimedia mempunyai PERBEDAAN dengan mahasiswa Jurusan Informatika dalam hal:
    • Minimnya kandungan matakuliah MIPA dalam kurikulum Program Multimedia (Kalkulus & Fisika)
    • Diajarkan dari tingkat dasar sampai dengan project-project nyata dari materi-materi
      • Desain grafis (Desain Poster,Iklan, Brosur, dll)
      • Multimedia Programming  ( CD/DVD Interaktif : Company Profile, Game, CD Pembelajaran, dll
      • Animasi 2/3D (Iklan, Game, Video)
      • Video & Audio Editing (Iklan, Game, Film)
      • Game Programming (Game di komputer, Internet atau bahkan Hand Phone)
         
  6. Jika saya menjadi mahasiswa Jurusan Informatika, apakah dapat mengambil SEMUA matakuliah Program Multimedia ?
    TIDAK DAPAT, mahasiswa Jurusan Informatika diperkenankan mengambil 24 SKS matakuliah pilihan tentang Multimedia yang sudah ditentukan
     
  7. Bergelar apakah nantinya lulusan Program Multimedia ini ?
    Karena tetap berada di bawah Jurusan Informatika maka lulusannya akan bergelar S.Kom (Sarjana Komputer)
     
  8. Siapakah yang dapat dihubungi jika ada pertanyaan lebih lanjut / mendasar / tidak dapat dijawab saat itu juga tentang Program Multimedia ini ?

    (Humas UBAYA) – Informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru
    humas@ubaya.ac.id
    (031) 298 1005

    Melissa Angga (Program Multimedia) – Informasi tentang materi/subtansi Program Multimedia
    (031) 2981395

    multimedia@ubaya.ac.id