Leadership & Career Development Center, Laboratorium Kerja Mahasiswa Universitas Surabaya Sebelum Memasuki Dunia Kerja Nyata


  • 28-06-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Leadership & Career Development Center (LCDC) merupakan peer group dibentuk dan dikelola oleh Career Assistance Center (CAC) Universitas Surabaya (Ubaya) yang berfokus pada pengembangan diri dalam hal kepemimpinan dan persiapan karier. Tujuan dibentuknya LCDC adalah untuk memberikan wadah kepada mahasiswa yang tertarik untuk “merasakan” situasi dunia kerja secara nyata dan intensif. LCDC juga menjadi media alternatif mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dan mendukung CAC Ubaya dalam pelayanan kepada stakeholder. Sebagai laboratorium kerja, proses rekrutmen anggotanya juga menyerupai rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan.

Rekrutmen LCDC telah dilakukan pada tanggal 9-13 Mei 2011 dan dilanjutkan pada tanggal 18-19 Mei 2011 dengan mengumpulkan biodata & pendapat pribadi. Proses rekrutmen dilanjutkan dengan screening pada tanggal 21 Mei 2011. Setelah itu, peserta melewati sesi interview dengan staff CAC Ubaya. Peserta yang lolos seleksi & interview pada akhirnya harus mengikuti pembekalan.

Kegiatan pembekalan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengenal lebih jauh tentang CAC beserta jajaran stafnya sehingga dapat terjalin keakraban dan kerjasama di kemudian hari. Selain itu, kegiatan pembekalan juga menjadi sarana untuk saling mengenal antara anggota LCDC yang baru dengan anggota yang lama. Selama pembekalan para anggota LCDC belajar untuk memiliki kejujuran, kesadaran akan waktu, dan komitmen. Ketiga hal inilah yang wajib dimiliki oleh seluruh anggota LCDC selama berpraktek kerja hingga nanti benar-benar terjun ke dunia kerja.

Tentu saja tidak hanya materi yang diberikan selama pembekalan. Seluruh anggota LCDC beserta staf CAC diajak untuk mengikuti aktivitas di luar ruangan seperti blind lead, blind square, maupun susur sungai, Melalui aktivitas tersebut, seluruh anggota LCDC belajar mengenai bagaimana berkoordinasi, memimpin sekelompok orang, dan saling menolong ketika ada teman yang kesulitan. Malam harinya anggota LCDC mendapat penjelasan hal-hal apa saja yang menjadi tugas, tanggung jawab, dan aturan yang harus dilakukan sebagai anggota LCDC. Selain itu, ada juga sharing dari anggota LCDC angkatan lama yang memberikan sharing mengenai pengalamannya selama menjadi anggota LCDC. Kegiatan ini bila digambarkan dalam dunia kerja merupakan kegiatan orientasi untuk anggota atau karyawan baru.

Keakraban dan pengalaman tak terlupakan, itulah hal yang ingin dibangun dari kegiatan pembekalan yang diadakan pada tanggal 3-4 Juni 2011 di Majapahit Agro Lestari (MAL), Pacet.