Serial Kelima KWU 2010 (29 NOVEMBER-5 DESEMBER 2010) Fun, Brand, Entrepreneurship (FBE) Style Rekor Muri Untuk Ular Tangga FBE UBAYA


  • 28-01-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Apa jadinya jika permainan ular tangga yang biasanya memiliki ukuran papan 30 cm x 30 cm dimainkan dalam ukuran raksasa. Bukan hanya bidak  yang menempati kotak-kotak dalam papan, melainkan juga pemainnya. Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (Ubaya) mencetak rekor MURI (Musem rekor Indonesia) berupa ular tangga raksasa yang berukuran 14,5 x 14,5 meter persegi. Ular tangga ini terdiri atas 100 kotak (100 nomor) yang masing-masing kotak berukuran 1,5 meter. Ular tangga raksasa sebelumnya yang dicatat MURI berukuran 12 x12 meter persegi merupakan rekor yang dipecahkan 2 tahun lalu.

Ular tangga raksasa berukuran 14,5 meter x 14,5 meter terpampang di tengah atrium Royal Plaza itu memang memungkinkan si pemain “nyemplung” bergerak sesuai angka dadu. Ular tangga raksasa ini akhirnya memecahkan Rekor Muri sebagai yang terbesar di Indonesia. Ular tangga raksasa tersebut merupakan kreasi dari 46 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (Ubaya).

Pembuatan ular tangga ini murni gagasan mahasiswa FBE yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan kelas C dan persiapannya juga oleh mahasiswa sendiri. Permainan ular tangga yang merupakan sebuah satu kesatuan konsep dari tema lomba yang diberi nama Amazing Race. Total hadiah sebesar 3 juta rupiah yang harus diperebutkan dalam lomba Amazing Race bagi  tim yang memenangkan perlombaan ini. Jumlah total yang mengikuti lomba Amazing Race ini ada 35 tim dan tiap tim terbagi menjadi 3 orang  atau jika dihitung secara individu ada 105 orang yang mengikuti lomba ini, jadi dapat dibayangkan betapa serunya lomba Amazing Race.

Amazing Race sendiri merupakan sebuah konsep lomba yang terdiri dari 3 babak,yaitu Dodolan pada babak pertama sebuah babak yang dimana tim akan di beri tugas untuk menjual produk operator telepon seluler yang dimana pemenang akan dihitung berdasarkan laba yang di dapatnya,dan apabila lolos tim akan mengikuti babak selanjutnya yaitu babak Find The Spot pada babak ini tim diberikan tugas untuk mencari lokasi atau pos - pos yang sudah disiapkan oleh para panitia. Pos – pos tersebut tersebar di seluruh lokasi Royal Plaza dan pada saat tim sudah menemukan pos, panitia akan memberikan pertanyaan kepada tim untuk dijawab penentuan poin berdasarkan tingkat kesulitan pertanyaan yang dipilih oleh para tim. Pada babak final inilah yang di tunggu – tunggu  tim yang sudah lolos dari babak Find The Spot akan masuk tahapan terakhir yaitu permainan Ular Tangga Terbesar Se – Indonesia.

Cara kerja permainan Ular Tangga ini  Karena ukurannya yang cukup besar, untuk memainkannya pun butuh tiga orang. Satu orang sebagai pion, pemutar dadu, dan penjawab pertanyaan. Keseruan terjadi karena sebelum melangkah sesuai angka pada dadu, tim harus bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan panitia terlebih dahulu.Permainan ular tangga ini cukup unik dan mengasah pengetahuan. Dadu yang dipakai adalah dadu elektronik, dan dioperasikan melalui program komputer. Dan tim yang mendapat kotak tangga atau ular, mendapatkan pertanyaan seputar edukasi dan entertainment. Karena ukurannya yang cukup besar, untuk memainkannya pun butuh tiga orang. Satu orang sebagai pion, pemutar dadu, dan penjawab pertanyaan. Keseruan terjadi karena sebelum melangkah sesuai angka pada dadu, tim harus bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan panitia terlebih dahulu.

Selain lomba Amazing Race pada event FBE STYLE juga terdapat lomba Photography yang di ikuti 30 peseta dari berbagai kalangan. Tema untuk lomba Photography sendiri diberi nama “Traditional Bisnis Activity”,dimana tim harus menampilkan objek dalam fotonya sesuai dengan tema yang sudah ditentukan dan foto para peserta akan di pamerkan selama 2 hari pada saat Event FBE STYLE berlangsung dan tim akan memperebutkan hadiah dengan total hadiah sebesar 5 juta rupiah yang terbagi atas juara 1 , 2 dan juara favorit. Pada juara favorit ini penentuan pemenang berdasarkan voted atau suara terbanyak yang dimasukan di dalam kotak  oleh para pengunjung yang telah melihat pameran photography tersebut.  

FBE style sendiri merupakan sebuah konsep event yang bukan hanya sekedar memperkenalkan tentang FBE saja, namun lebih dari sekedar itu. Konsep event FBE style ini sendiri merupakan hasil pemikiran bersama dari mahasiswa yang berjumlah 46 mahasiswa yang juga merupakan para panitia dari event tersebut. Konsep yang tertuang dari event ini ingin menciptakan sebuah event yang sederhana,meriah namun dapat mempunyai nilai jual di mata sponsorship dan para pihak luar di event tersebut.

FBE style sendiri merupakan sebuah tema yang kami ambil dari nama singkatan fakultas kami yaitu Fakultas Bisnis dan Ekonomika lalu dirangkai menjadi sebuah kata yaitu FUN , BRAND, ENTREPREUNER kemudian kami singkat menjadi FBE STYLE. Nama tema event  yang di ambil memang berasal dari nama Fakultas Bisnis dan Ekonomika  karena FBE harus menjadi ikon utama yang ditonjolkan di mata masyarakat. Tujuannya agar para masyarakat menjadi lebih mengenal Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya yang telah berganti nama menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE). Suatu pengalaman yang luar biasa bagi kami mahasiswa KWU KP C. VIVA KWU 2010. VIVA FBE.