Sasar Remaja Dengan Ubaya Carnival


  • 09-11-2010
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA, KOMPAS - Universitas Surabaya menggelar Ubaya Carnival 2010 sepanjang 10-14 November di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya. Kegiatan ini juga diharapkan bisa membantu para remaja menyusun masa depannya.

Proses merancang masa depan bisa diawali dengan beragam masukan tentang isu dan tren yang sedang berkembang serta prediksi profesi cemerlang di masa datang. ”Untuk itu kami hadir dan mendampingi para remaja,” tutur Wakil Ketua Panitia Ubaya Carnival 2010 Bianda Nadia, Senin (8/11) di Surabaya.

Ubaya Carnival 2010 yang bertema ”Design Your Future with Ubaya: Holistic Education with International Perspective” menyajikan beragam isu dan tren masa depan, aneka lomba, diskusi interaktif bersama pakar untuk pelaku usaha, alumnus, orang tua, dan guru, serta pentas seni dan bakat.

Beberapa isu yang disiapkan antara lain terkait perubahan transportasi, telekomunikasi, travel, produk dan sumber alami, kehidupan sehat, tempat hidup yang beradab, serta pusat bisnis dan perdagangan.

Adapun lomba yang diselenggarakan akan menggali potensi kreatif setiap anak muda. Selain lomba fotografi, disiapkan pula Scavenger Hunt atau uji ketangkasan mengaplikasikan bahasa Inggris dan Mandarin serta A Head to A Better Future, kompetisi untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan memanfaatkan media internet.

Untuk penggemar seni, ada lomba menggambar dan mewarnai komik, kompetisi dekorasi tas kanvas, dan kampanye kesehatan remaja. Menambah pengetahuan dengan cara menyenangkan bisa dilakukan dengan mengikuti permainan Glowing Bacteria, lomba membuat bakteri mutan, 5th Economic Games atau Wayang Adventure, permainan reli yang menguji kemampuan para siswa dengan berbagai kecerdasan baik visual, logika, musikal, interpersonal, dan naturalis.

Diskusi interaktif yang diselenggarakan salah satunya membahas peluang bisnis 2011 bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Rabu (10/11) pukul 15.00.

Masalah manajemen sekolah menengah dan mengeksplorasi potensi anak juga dibahas dalam diskusi interaktif bersama psikolog pendidikan yang menekuni bidang bakat, Evy Tjahjono, dan praktisi pendidikan Adi W Gunawan Kamis (11/11) pukul 11.00. (INA)

Kompas: Selasa, 9 November 2010

Update: 09-11-2010 | Dibaca 14136 kali | Download versi pdf: Sasar-Remaja-Dengan-Ubaya-Carnival.pdf