Studi Ke Amrik Tidak Sulit


  • 10-12-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
SURABAYA - Belajar di luar negeri mahal. Apalagi ke Amerika Serikat. Itu kesan masyarakat selama ini. Anggapan tersebut, ternyata, tidak sepenuhnya benar. Delegasi beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat kemarin (8/12) berkunjung ke Surabaya untuk menyosialisasikan berbagai program beasiswa untuk studi ke Negeri Paman Sam itu.

Para perwakilan tersebut datang dari Iowa State University, University of Hawaii, The Ohio State University, Michigan State University, Marquette University, dan Everett Community College. Mereka datang dalam rangkaian kegiatan yang diadakan EducationUSA di sejumlah kota di Indonesia.

Acara sosialisasi kemarin berlangsung di beberapa lokasi. Di antaranya, di International College Universitas Surabaya dan Hotel Majapahit. Selain itu, mereka berkunjung ke redaksi Jawa Pos.

Seminar di Hotel Majapahit diikuti 150 peserta yang terdiri atas siswa SMA, mahasiswa, guru, dan wali murid. "Kami ingin menunjukkan bahwa belajar di Amerika Serikat kini lebih mudah diakses, lebih terjangkau, dan lebih terbuka untuk semuanya," tegas Country Coordinator EducationUSA Indonesia Brook W. Ross ketika ditemui di Hotel Majapahit kemarin.

Seminar tersebut terdiri atas enam kelas. Masing-masing diisi oleh perwakilan tiap universitas. Mereka, antara lain, menjelaskan program beasiswa yang mungkin didapatkan oleh orang Indonesia serta kehidupan di masing-masing kampus.

Dalam seminar tersebut, juga dijelaskan bahwa sebagian besar di antara sekitar 4.000 universitas dan college di Amerika Serikat kini menawarkan program bahasa Inggris khusus untuk mahasiswa internasional yang belum lancar berbahasa Inggris. Banyak pula universitas yang menawarkan potongan biaya khusus untuk orang Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat. (rum/rio)

Jawa Pos: Rabu, 09 Desember 2009
Update: 10-12-2009 | Dibaca 16941 kali | Download versi pdf: Studi-Ke-Amrik-Tidak-Sulit.pdf