Ciptakan IT Preneur Tingkat Pelajar


  • 17-09-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Ilustrasi: freepik.com (@freepik)
 
SURABAYA-Universitas Surabaya (Ubaya) mendorong generasi muda untuk menjadi entrepreneur. Salah satunya, menggelar Business Plan Competition sebagai puncak kegiatan IT Preneur Festival 2020. Pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan modal bisnis dari Ubaya.
 
Ketua Program Sistem Informasi Bisnis Ubaya, Dihani Tresna Absari menyatakan, kegiatan Business Plan Competition (BPC) tersebut bertujuan memberikan wawasan kepada para pelajar. Tentang peran teknologi informasi dalam aplikasi yang nyata dalam dunia bisnis. Kompetisi membuat perencanaan bisnis itu diharapkan dapat menciptakan IT preneur muda yang mandiri. "Teknologi informasi memiliki peran penting. Bukan hanya sebagai pendukung, melainkan juga sebagai penggerak dalam aktivitas dan strategi bisnis," katanya.
 
Dhiani menambahkan, kegiatan tersebut diperuntukkan seluruh pelajar di Jatim. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas tiga orang pelajar. Pada babak penyisihan, peserta akan diseleksi berdasar naskah yang telah dikirim. Kemudian, akan dipilih 10 finalis yang lolos ke babak final untuk mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan juri pada 19 September. "Tiga kelompok terbaik akan diumumkan sebagai pemenang dan berhak mendapatkan modal usaha untuk menjalankan bisnis yang riil," jelasnya.
 
Firman Wahyudi, vice president Regional VII Bank Mandiri sekaligus salah satu dewan juri, menyatakan, kompetisi tersebut diharapkan dapat memunculkan ide-ide kreatif dari para pelajar. Pandemi Covid-19 membuat masyarakat sadar bahwa digitalisasi di segala bidang harus dilakukan. (ayu/c12/dio)
 
Sumber: Jawa Pos, 12 September 2020
Update: 17-09-2020 | Dibaca 276 kali | Download versi pdf: Ciptakan-IT-Preneur-Tingkat-Pelajar.pdf