Ngobrol Seru Mengenai Dunia Animasi


  • 07-07-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya menggelar webinar berjudul Expert Talk: Re-Animate Your Skill, Catch Your Dream Job. Webinar ini diadakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 pada 11.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Expert talk kali ini menghadirkan tiga alumni Program Studi Teknik Informatika Ubaya yang sudah berhasil di bidang animasi. Ketiga pembicara tersebut adalah Yorie Kumalasari yang bekerja sebagai FX Artist di Dreamwork Animation, Louisa Venya yang bekerja sebagai 3D Animator di One Animation, dan Otniel Hertatra yang bekerja sebagai 3D Animator di Lumine Studio. Eric Wibisono, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik turut hadir dalam webinar ini.

“Ukuran sukses dari seorang guru adalah menghasilkan anak didik yang lebih sukses dari gurunya dan para pembicara hari ini tentunya handal untuk membekali kita,” ucap Eric dalam pembukaan webinar. Webinar kali ini menggunakan konsep seperti sharing dan ngobrol santai dibandingkan pemberian materi secara formal. Ketiga pembicara membagikan pengalamannya dalam berproses menjadi animator dan selama bekerja di dunia animasi. “Ilmu programming yang saya dapatkan selama berkuliah sangat membantu saat saya bekerja menjadi seorang FX Artist,” jelas Yorie. Venya dan Otniel juga menyampaikan soft skill yang didapatkan selama berkuliah seperti time management dan teamwork sangat membantu saat masuk ke dunia kerja. “Kalau perubahan yang dialami saat bekerja di dunia animasi itu dituntut buat lebih terbuka dan lebih menerima kritik,” ujar Venya.

Salah seorang peserta webinar yaitu Catherine mengajukan pertanyaan mengenai cara membuat portofolio animasi yang baik dan aspek apa saja yang diperhatikan oleh recruiter. “Proyek-proyek yang paling bagus dimasukkan ke dalam showreel karena recruiter melihat kemampuan dari shot yang paling jelek di showreel tersebut,” jawab Otniel. Yorie juga menambahkan bahwa showreel idealnya berdurasi dua hingga tiga menit saja dan 10 detik pertama harus menjadi shot yang paling bagus. “Kalau terkait software pilih salah satu yang menjadi fokus kita dan kuasai software tersebut dan yang paling penting tentu hasil animasi harus bagus,” pesan Yorie. (han)

Update: 07-07-2020 | Dibaca 154 kali | Download versi pdf: Ngobrol-Seru-Mengenai-Dunia-Animasi.pdf