Melihat Industri Fashion Dan Design Setelah Pandemi Covid-19


  • 17-06-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya kembali mengadakan webinar Cheat the Covid. Seri keempat rangkaian webinar ini diadakan melalui aplikasi Zoom pada Kamis, 4 Juni 2020 pukul 13.00 WIB. Florentina Tiffany, S.Ds. dan Christabel Annora Paramita Parung, S.T., M.Sc. selaku Dosen Fakultas Industri Kreatif Ubaya hadir sebagai pembicara pada webinar kali ini.

Florentina membawakan materi berjudul ‘How to Hack Your Portofolio! A Journey towards Rapid Changing Design World’ pada sesi pertama. “Portofolio merupakan senjata awal desainer dan merupakan sesuatu yang esensial karena menjadi alat komunikasi kita dengan klien,” ujar Florentina. Adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk social distancing membuat tren penggunaan portofolio konvensional akan semakin menurun. Tren ini nantinya akan digantikan dengan digital portofolio dan e-portofolio “Menyelipkan empati dan interpersonal chemistry as mutual understanding dalam portofolio kita dapat menjamin semakin baiknya portofolio kita,” jelas Florentina.

Webinar dilanjutkan dengan materi ‘How Pandemic Reshape Fashion Industry: Analysis and Prediction’ yang dibawakan oleh Christabel. Dalam sesi ini Christabel menekankan tiga hal yang akan berubah di dunia fashion setelah pandemi Covid-19 ini, yaitu trend ideas, fashion industry, dan production and merchandising. “Kemungkinan tren penggunaan tekstil akan lebih advance lagi, seperti natural anti bacterial fabric dan self-cleaning fabric,” jelas Christabel. Masa work from home dan kemungkinan nantinya akan lebih banyak pekerjaan yang dilakukan di rumah juga mendorong tren pakaian yang terlihat profesional namun tetap nyaman dan santai. (han)

Update: 17-06-2020 | Dibaca 749 kali | Download versi pdf: Melihat-Industri-Fashion-Dan-Design-Setelah-Pandemi-Covid-19.pdf