Sharing Session: Adaptasi Di Dunia Perkuliahan


  • 01-06-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Sabtu, 23 Mei 2020 Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan Sharing Session Ubaya yang bertajuk “Things We Must Talk For Success Adjustment in College Life”. Ubaya mendatangkan tiga narasumber yang akan membawakan materi, yaitu: Afinnisa Rasyida, S.Psi., M.Sc. Psikolog, Adelia Kesumaningsari, S.Psi., M.Sc, dan Regisda Machdy Fuadhy, S.Psi., M.Sc.

Acara ini dilaksanakan guna membahas penyesuaian diri dan kesesuaian jurusan sebagai faktor penting untuk sukses dalam studi. Afinnisa membuka diskusi dengan membawa materi mengenai pentingnya penyesuaian diri di masa kuliah. “Penyesuaian diri ini adalah usaha untuk mencapai keharmonisan antara tuntutan dari diri sendiri dengan tuntutan dengan lingkungan,” jelasnya. Afinnisa membagi penyesuaian diri menjadi empat macam, yakni: penyesuaian diri akademik, sosial, personal-emosional, dan komitmen. Selain itu, Afinnisa juga membagi tips supaya kita dapat menyesuaikan diri di kuliah yakni dengan cara mau menerima seluruh pengalaman, melatih diri, mencari dukungan, dan mencari pertolongan ahli.

Diskusi kedua oleh Regisda dengan memberikan tips bagaimana sukses belajar di perkuliahan. “Buat tujuan yang kalau bisa itu sudah pasti dan clear. Jadi specific, measurable, actionable, realistic, time-bound atau biasa diakronimkan sebagai SMART,” jelasnya. Adelia juga menjelaskan mengenai kesesuaian jurusan kuliah dan kesuksesan studi. “Kita perlu mengetahui siapa kita dengan mencari tahu kemampuan, value, dan potensi kita itu apa supaya kita bisa masuk ke jurusan yang tepat,” jelasnya.

Menjelang akhir sesi banyak pertanyaan telah diberikan oleh peserta, salah satunya Icha Novira. “Bagaimana cara meyakinkan orang tua untuk kita bisa memilih kuliah sesuai dengan minat kita?” tanyanya. Pertanyaan ini memancing reaksi yang sama dari ketiga pembicara. “Kita dapat menyampaikan fakta-fakta mengenai kemampuan kita pada orang tua. Jadi harus disampaikan apa yang kita punya dan rasakan dengan komunikasi yang baik,” jawab Adelia. (et)

Update: 01-06-2020 | Dibaca 602 kali | Download versi pdf: Sharing-Session--Adaptasi-Di-Dunia-Perkuliahan.pdf