Final Milik Unair-Ubaya


  • 25-03-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
SURABAYA - Partai puncak LA Lights Campus League Surabaya 2009 menjadi milik Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Surabaya (Ubaya). Pada final four yang dihelat di GOR Giri Loka Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya tadi malam (24/3), Unair dan Ubaya mampu meloloskan tim pria dan wanita. Jadi, pada laga pemungkas yang dilangsungkan mulai nanti sore di GOR Giri Loka, ada dua laga panas antara dua kampus papan atas di Kota Pahlawan itu.

Pada laga pertama final four itu, tim basket wanita Unair mampu menundukkan tim wanita Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (Stikomp) dengan skor 60-36. Di pertandingan berikutnya, giliran tim pria kampus negeri tersebut yang membekuk tim Universitas Widya Kartika (Uwika) dengan skor 64-32.

''Anak-anak tadi bermain disiplin. Itu kunci kemenangan kami,'' papar Aries Herman, pelatih tim pria Unair.

Di pertandingan ketiga, tim basket wanita Ubaya harus bekerja keras sebelum menundukkan perlawanan tim Univeritas Kristen (UK) Petra dengan skor 42-56. Secara materi, Ubaya memang lebih unggul daripada lawannya di babak empat besar itu. Bagaimana tidak, tiga pemain Ubaya adalah mantan punggawa Jatim pada PON XVII Kaltim 2008.

Mereka adalah Mega Nanda, Sumiati, dan Winarti Sasmito. Tak hanya itu, masih ada dua pemain asal Kaltim yang juga memperkuat daerahnya di PON lalu. Mereka adalah Irene dan Yunita. ''Petra memang bagus. Mereka membuat kami kesulitan, terutama di kuarter awal,'' papar Wellyanto Pribadi, pelatih tim Ubaya pria dan wanita.

Sementara itu, mengenai laga puncak nanti, arsitek kedua tim memilih merendah dan menghindari psywar. ''Melawan Ubaya, posisi kami underdog. Mereka lebih pengalaman dari kami,'' terang Aries. Sebaliknya, Ubaya tak mau dijadikan unggulan. ''Saya rasa, Ubaya dan Unair seimbang. Kalau fullteam Libama Nasional, memang bagus. Tapi, ini hanya sebagian,'' ujar Welly.

Namun, kedua tim sebenarnya mempunyai ambisi masing-masing. Unair berhasrat kembali menyandingkan gelar seperti tahun lalu, sedangkan Ubaya juga ingin merebut dua gelar itu. Partai puncak tersebut akan dihelat mulai pukul 16.30 antara tim wanita Unair melawan Ubaya. Selanjutnya, baru tim pria yang bertarung. Selain laga panas tersebut, penonton akan disuguhi penampilan Ello, pelantun tembang Masih Ada Cinta. (nar/ko)

dikutip dari Jawapos, 25 Maret 2009
Update: 25-03-2009 | Dibaca 14358 kali | Download versi pdf: Final-Milik-Unair-Ubaya.pdf