Kepedulian Yayasan Ubaya Dan Ubaya Tangani Covid-19


  • 22-05-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Ayo Bangkit Indonesiaku. Hal itu yang terus digaungkan Universitas Surabaya (Ubaya). Di tengah pandemi Covid-19, Ubaya ingin mendorong warga untuk tak terpuruk lewat aksi #UbayaforIndonesia jilid 1. Ubaya meyakini, Indonesia selalu punya kekuatan untuk bangkit kembali.
 
Sejak Maret, Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Grafik korban yang terus menanjak menjadi perhatian besar bagi Ubaya. Tak ingin tinggal diam, Ubaya melakukan gerakan #UbayaforIndonesia yang merupakan aksi nyata. Dalam aksi sosial tersebut, bantuan diberikan secara bertahap sejak awal April kepada warga sekitar, mahasiswa, dan berbagai instansi.
 
Ubaya menyumbangkan masker dan hand sanitizer kepada warga. "Kami juga mendistribusikan bilik sterilisasi ke beberapa wilayah dan Pemkot Surabaya, dan memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit di Surabaya," ungkap Rektor Ubaya Ir Benny Lianto.
 
Alumni, yayasan, bersama mahasiswa Universitas Surabaya bergerak bersama. Mereka ikut mendistribusikan bantuan ke rumah sakit rujukan dan puskesmas. Perhatian Ubaya diberikan pula kepada para mahasiswa. Mahasiswa muslim yang sedang berada di kos mendapatkan makanan untuk berbuka puasa dan covid box berisi bahan makanan untuk persediaan selama bulan puasa.
 
Mahasiswa, dosen, dan staf mendapatkan bantuan kuota internet demi menunjang kegiatan perkuliahan. Ubaya juga ingin meringankan beban calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia lewat Beasiswa Ubaya Peduli Covid-19 berupa potongan biaya uang sumbangan pendidikan (USP) dan uang penyelenggaraan pendidikan (UPP) semester pertama hingga 80%.
 
"Di masa pandemi, lulusan SMA harus tetap semangat dan tidak menunda kuliah. Ubaya memberikan tawaran beasiswa Ubaya Peduli Covid-19 hingga 80%. Hal itu menjadi salah satu dukungan Ubaya untuk terus mendukung Indonesia Bangkit," ungkap Benny Lianto.
 
Pendaftaran beasiswa itu dibuka hingga Juni 2020. Saat ini Ubaya sedang mempersiapkan #UbayaforIndonesia jilid II. Secara teknis masih direncanakan dengan matang karena melibatkan seluruh civitas akademika Ubaya. (ree/sav)
 
Sumber: JawaPos, 16 Mei 2020
Update: 22-05-2020 | Dibaca 682 kali | Download versi pdf: Kepedulian-Yayasan-Ubaya-Dan-Ubaya-Tangani-Covid-19.pdf