Lo-Fi Teman Dan Penyemangat Saat Belajar Di Rumah


  • 27-04-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Sumber: freepik.com (@stories)
 
Musik merupakan bagian dalam hidup yang tidak dapat dipisahkan bagi sebagian orang. Setiap dari kita memiliki preferensi musik tersendiri sesuai dengan suasana hati kita saat itu. Low Fidelity atau Lo-Fi adalah jenis musik yang sempat eksis pada tahun 1990an dan kembali hits akhir-akhir ini, terutama di kalangan remaja. Pada dasarnya Lo-Fi adalah musik yang menggabungkan genre hip-hop dan jazz tetapi dimodifikasi menjadi musik yang lebih sederhana. Walau sederhana, namun sangat melekat bagi pecinta genre ini.
 
Lo-Fi merupakan jenis musik yang membawa suasana tenang karena memuat suara-suara alami yang sering kita temui dalam keseharian seperti rintikan hujan, gesekan antara gelas dan penutupnya, bisikan orang-orang saat berbincang, dan lainnya. Nada atau irama yang digunakan pada Lo-Fi biasanya diulang-ulang dan durasi lagunya terbilang cukup singkat. Suara-suara alamilah yang digunakan untuk mendukung musik Lo-Fi menjadi lebih berwarna. Hingga saat ini musik Lo-Fi erus berkembang dan banyak jenis lagu lain yang diubah ke versi Lo-Fi untuk mendapatkan suasana tenang yang hanya dimiliki Lo-Fi. Awalnya Lo-Fi kembali hits melalui platform musik SoundCloud, tetapi saat ini kita dapat mendengarkan musik Lo-Fi melalui platform lainnya seperti YouTube, Spotify, dan website streaming musik seperti Chillhop dan TuneIn. 
 
Aura tenang yang dihasilkan Lo-Fi ini umumnya dimanfaatkan oleh remaja ataupun mereka yang ingin lebih fokus saat mengerjakan sesuatu. Musik Lo-Fi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menemani kita selama masa belajar di rumah. Tidak hanya membantu agar kita lebih fokus, Lo-Fi juga mampu membantu kita untuk merasa lebih rileks. Biasanya playlist musik Lo-Fi disusun berdasarkan tema atau suasana tertentu, misal untuk belajar, meditasi, suasana di pagi hari, dan lain-lain. Kita dapat menyesuaikan pilihan playlist yang ada dengan kebutuhan dan suasana hati kita. Maka dari itu kunci agar selalu semangat menjalani masa belajar di rumah adalah menyiapkan suasana hati dan tempat belajar yang positif serta menjaga kesehatan agar kondisi tubuh tetap fit. Salam sehat! (han, bbs)
Update: 27-04-2020 | Dibaca 1373 kali | Download versi pdf: Lo-Fi-Teman-Dan-Penyemangat-Saat-Belajar-Di-Rumah.pdf