Bayar Uang Kuliah Di Sejumlah Universitas Kini Bisa Pakai OVO


  • 26-02-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah universitas kini bisa dilakukan lewat aplikasi dompet digital OVO. Salah satunya adalah UKT mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
 
Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, mekanisme pembayaran itu dapat dilakukan lantaran kampusnya telah bekerja sama dengan E-Channel BTN. Lewat kerja sama itu, pembayaran UKT dapat dilakukan via OVO atau Tokopedia.
 
“Benefit yang bisa diperoleh mahasiswa dari sistem pembayaran ini, adalah cashback di periode tertentu. Tergantung apabila ada promo. Jadi kampus tetap mendapatkan pembayaran full, namun ada subsidi dari pihak Tokopedia dan OVO yang dapat meringankan mahasiswa dalam waktu promo tertentu,” terang dia.
 
Branch Manager Bank BTN Yogyakarta Donnie Iskandar menjelaskan, pembayaran yang masuk melalui beragam fitur tersebut dananya akan dikelola kampus melalui Bank BTN.
 
Pembayaran dijamin keamanan sekaligus kelancarannya karena Bank BTN telah lama menjadi salah satu Bank BUMN yang dipercaya mengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di universitas-universitas negeri.
 
“Tentunya ini memudahkan mahasiswa sebagai milenial untuk membayar sekaligus meningkatkan brand image UNY sebagai universitas yang mendukung digitalisasi,” kata dia.
 
Sebelumnya, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra menjelaskan pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa universitas sejak 2018.
 
Selain UNY, beberapa kampus yang uang kuliahnya dapat dibayar dengan OVO antara lain Universitas Katolik (UNIKA) Widya Mandala di Surabaya, Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
 
Ia menjelaskan, dengan strategi ekosistem terbuka, OVO memiliki keleluasaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra strategis di berbagai industri, termasuk di antaranya meningkatkan kemitraan di sektor pendidikan yang merupakan salah satu fokus utama pemerintah Indonesia.
 
"OVO kan untuk selalu meningkatkan kemitraan ya, termasuk pendidikan juga," terang dia.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, langkah peningkatan kemitraan dengan menambah fasilitas OVO bisa bayar uang kuliah dilakukan untuk meningkatkan transaksi cash-less alias non tunai pada generasi muda.
 
"Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi transaksi non-tunai di kalangan pelajar," terangnya.
 
Sumber: tirto.id
Update: 26-02-2020 | Dibaca 149 kali | Download versi pdf: Bayar-Uang-Kuliah-Di-Sejumlah-Universitas-Kini-Bisa-Pakai-OVO.pdf