UBAYA BANGUN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN


  • 11-12-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

Sebagai wujud atas komitmen yang tinggi pada kualitas dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masayaralat serta pengelolaan lembaga, melengkapi pengembangan Fakultas Kedokteran, Universitas Surabaya (Ubaya) segera bangun rumah sakit tipe B pendidikan di Jalan Raya Panjang Jiwo Permai, Surabaya. Langkah-langkah telah disiapkan dan dilakukan dalam proses pembangunan Rumah Sakit Ubaya, salah satunya dengan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum Of Understanding (MoU) bersama PT  Medikaloka Hermina Tbk.

Perencanaan desain bangunan, alih sistem standar menyangkut regulasi, rekrutmen tenaga medis dan non medis, hingga menyelenggarakan diklat sedang dipersiapkan agar Rumah Sakit Ubaya dapat beroperasi memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terbaik kepada masyarakat. Adanya rumah sakit di lingkungan civitas akademika Ubaya merupakan salah satu bentuk pelaksanaan aktivitas pengabdian masyarakat dan tentunya akan digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa FK Ubaya serta pengembangan riset multidisiplin antara fakultas kedokteran, farmasi, bioteknologi dan psikologi.  

Rumah sakit pendidikan akan dibangun disamping lahan lapangan parkir Ubaya kampus Tenggilis dan akan dikembangkan secara bertahap. Dalam jangka panjang rumah sakit Ubaya akan diintegrasikan dengan gedung fakultas kedokteran dan berbagai sarana pendukung lainnya. Rancangan pengembangan rumah sakit Ubaya akan terdiri dari bangunan induk setinggi  8 lantai dan tower setinggi 10 lantai.  Pembangunan tahap I akan dimulai tahun 2020 dan akan diselesaikan dalam kurun waktu 18 bulan. Rumah Sakit Ubaya yang dibuka untuk umum dilengkapi beberapa peralatan modern serta tenaga medis yang akan menangani pasien dengan melibatkan Dokter sekaligus Dosen  FK Ubaya.

Universitas Surabaya telah membentuk PT. Keluwih Medika Surabaya sebagai pengelola Rumah Sakit Ubaya dan telah memilih Rumah Sakit Hermina sebagai konsultan dalam persiapan mendirikan Rumah Sakit Ubaya. Rumah Sakit Hermina dipilih karena memiliki jaringan Rumah Sakit yang kuat secara nasional sehingga akan memudahkan untuk pertukaran resources kalau diperlukan. Target pasien Rumah Sakit Hermina adalah kelompok menengah dan bawah dengan jumlah penyakit beragam sehingga sesuai untuk Rumah Sakit Pendidikan. Namun yang utama adalah adanya kesamaan visi dan misi dengan Ubaya yang berfokus pada kualitas, sosial dan kemanusiaan.

“Hadirnya Rumah Sakit Ubaya diharapkan dapat menunjang sarana pendidikan sekaligus menjadi tempat praktik dalam memfasilitasi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Ubaya sebagai calon tenaga medis yang handal,” ungkap Benny Lianto selalu Rektor Ubaya.

Info lebih lanjut bisa menghubungi:
031-2981005 / 082142041116 / 081235000700

Jawa Pos : Jumat, 29 November 2019

Update: 11-12-2019 | Dibaca 457 kali | Download versi pdf: UBAYA-BANGUN-RUMAH-SAKIT-PENDIDIKAN.pdf