Visitasi Prodi S3 Psikologi Ubaya Hasilkan Akreditasi B


  • 28-08-2019
  • Hayuning Purnama Dewi

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menorehkan hasil positif beberapa waktu lalu. Tepatnya 7-8 Agustus 2019, Program Studi Doktor (S3) Psikologi Fakultas Psikologi Ubaya didatangi oleh Prof. Dr. Muhammad Noor Rochman H., S.U., dan Dr. Nanik Prihartanti, M.Si., selaku dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedua asesor ini disambut oleh Ir. Benny Lianto M.M.B.A.T., selaku Rektor Universitas Surabaya beserta jajarannya, Dr. Evy Tjahjono, S.Psi., M.G.E., selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya beserta jajarannya, Prof. Dr. Yusti Probowati R., selaku Kepala Program Studi Doktor Psikologi, beserta seluruh pimpinan unit yang berada di Ubaya.

“Kami tentunya mohon bimbingan asesor, karena kami masih baru mengelola sehingga segala masukan yang diperoleh dari proses akreditasi akan berguna bagi kami,” tutur Evy dalam sambutannya. Prodi Doktor Psikologi memang baru diresmikan pada tahun 2018 silam, bertepatan dengan ulang tahun Ubaya yang ke 50 tahun. Benny selaku Rektor pun menyapa asesor yang datang dengan hangat. Pantun yang dilontarkan sukses mengundang gelak tawa seluruh peserta yang turut hadir. “Tentunya tim borang akreditasi prodi Doktor sudah bekerja maksimal,” tukasnya mengapresiasi tim.

Prof M. Noor pun juga turut mengharapkan kerjasama Ubaya dalam proses visitasi kali ini. “Dengan kerjasama yang bagus, kita dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga dalam waktu yang secepat cepatnya kita bisa menyelesaikan.”

Perjuangan dua hari pun memperoleh hasil yang manis. Sebab, Program Studi Doktor (S3) Ilmu Psikologi kini menghasilkan Akreditasi B per tanggal 13 Agustus 2019 silam. Berselang lima hari sejak visitasi, hasil ini dituangkan dalam Keputusan BAN-PT No. 3016/SK/BAN-PT/Akred/D/VIII/2019. “Akreditasi Ban PT merupakan standar bagi prodi/universitas baik negeri maupun swasta. Jadi amat penting,” ungkap Prof. Yusti. Ia menjelaskan bahwa akreditasi B ini diberikan karena BAN-PT menganggap SDM khususnya dosen, kurikulum, sarana, penelitian dan pengabdian masyarakat dosen di S3 tergolong baik. “Hal ini dimungkinkan karena prodi S3 berada pada fakultas dan universitas dengan akreditasi yang sangat baik (A). Harapan kami prodi S3 akan terus meningkatkan kualitasnya, sehingga kepercayaan masyarakat menjadi semakin baik,” jelasnya mengakhiri wawancara. (sml)

Update: 28-08-2019 | Dibaca 1422 kali | Download versi pdf: Visitasi-Prodi-S3-Psikologi-Ubaya-Hasilkan-Akreditasi-B.pdf