Jepit Bunga Cantik Dari Pita Grosgrain


  • 24-07-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
SURABAYA - Menggunakan gulungan pita grosgrain, benang, dan putik bunga imitasi, Astri Yushinta bisa menghasilkan puluhan jepit berbentuk bunga yang cantik. Bunga-bunga tersebut dibuat secara manual.
 
Pertama-tama Shinta memotong gulungan pita hingga berbentuk persegi. Lebar pita disesuaikan dengan ukuran bunga yang ingin dihasilkan. Potongan pita itu kemudian dilipat menjadi segi tiga kecil. "Selanjutnya ditumpuk dengan pita lain yang sudah dilipat juga," ujar Shinta. Paduan warnanya terserah. Bisa yang senada, bisa tabrak warna. Setelah dilipat, ujung pita diikat dengan benang. Ulangi hingga terbentuk banyak kelopak.
 
Setiap kelopak bunga digabungkan. Satu bunga terdiri atas lima kelopak kecil yang sudah dilengkapi putik mini. Setelah kelopak bunga digabungkan, Shinta menambahkan kancing yang sudah dilapisi kain atau pita dan potongan renda kecil di bagian tengah.
 
Pita yang digunakan berjenis grosgrain. Bahan itu mudah dilipat dan cukup ringan jika dibuat berlapis-lapis. Pembuatan satu bunga biasanya membutuhkan waktu 10 menit. Jika ditambahi dengan ornamen, Shinta membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam. Tambahan ornamen itu bisa berupa lipatan pita-pita di bagian belakang bunga. "Layer-nya bisa banyak," ucap alumnis Farmasi Ubaya. (dya/c7/any)
 
JawaPos, 17 Juli
Update: 24-07-2019 | Dibaca 588 kali | Download versi pdf: Jepit-Bunga-Cantik-Dari-Pita-Grosgrain.pdf