Sosialisasi Aplikasi "Teman Diabetes"


  • 07-05-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

Universitas Surabaya gelar cek gula darah gratis bagi pasien rumah diabetes Ubaya, lansia, dan mahasiswa. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Rumah Diabetes Ubaya dan Dexa Medica Selasa, 23 April 2019 bertempat di Klinik Pratama Ubaya.Kegiatan ini terlaksana berkat kepedulian mereka terhadap pengelolaan pasien diabetes. Turut hadir Lisa Aditama, S.Si., M.Farm-Klin, Apt. selakuKepala Apotek Klinik Medis Ubaya membuka langsung kegiatan dan Bonaventura G.A.S selaku Product Specialist Dexa Medica.

Pada sesi talkshow peserta di edukasi sekaligus diperkenalkan aplikasi Teman Diabetes khusus diabetes.Bona menjelaskan pentingnya keluarga terdekat memberikan support kepada penderita diabetes. “Aplikasi ini tidak hanya fokus pada pasien namun juga kepada keluarga pasien yang kami sebut sebagai inner cycle,”jelasnya.Saat ini angka penyadang diabetes di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Menurut dataInternational Diabates Federation(IDF),Indonesia menempati negara peringkat keenam penduduk berstatus diabetes terbanyak.

Penggunaaplikasi dapat merekam gula darah lewat Dnurse yang terkoneksi secara eksklusif dengan Teman Diabetes, gula darah dapat terekam secara otomatis untuk terus memonitor kesehatannya. Informasi juga disajikan dalam bentuk grafik dan data. Sementara itu Lisa mengatakan, semua informasi dapat diakses oleh keluarga dan tenaga medis yang dipilih. Namun dengan catatan, kehadiran dokter ikut mengambil peran dalam memonitoring kesehatan pasien.“Sangat penting untuk penderita diabetesdan keluarga untuk mendapat informasi yang jelas mengenai gaya hidup sehat, mulai dari makanan dan obatkarena diabetes bukan sekedar mengelolagula darah tetapi juga gaya hidup.”

Lisa berharap pasien Rumah Diabetes Ubaya dapat mengotrol gula darah dan mencapai target yang lebih baik. Sementara itu bagi yang belum diabetes namun memiliki faktor resiko, mereka dapat mengelolah gaya hidup, sehingga di kemudian hari tidak terkena diabetes. Pada sesi akhir kegiatan ditutup dengan cek darah oleh seluruh peserta. (ee)

Update: 07-05-2019 | Dibaca 185 kali | Download versi pdf: Sosialisasi-Aplikasi---Teman-Diabetes-.pdf