Obrolan Asyik Kenal Politik


  • 11-04-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

PEMUDA sejak dulu dikenal punya semangat membara dan ide-ide luar biasa. Nggak heran kalau pemuda disebut pelopor perubahan. Namun, kalau pemuda nggak diarahkan dengan baik, potensi itu akan sia-sia belaka. Karena itulah, teman-teman Omah Jaman Now berinisiatif menyelenggarakan acara bertajuk Youthphoria. Acara tersebut bertujuan memberikan suasana baru pada penggiat komunitas. Diharapkan, acara itu juga menjadi wadah bagi anak muda agar lebih produktif sekaligus sarana edukasi.

Pada Minggu (31/3), ratusan anak muda meramaikan Youthphoria di lapangan Universitas Surabaya (Ubaya). Youthphoria berisi rangkaian acara. Mulai live workshop, community display, Youthtalks dengan tema Agent of Change, Youthfest (festival komunitas dari berbagai bidang seperti fotografi, jurnalistik,
serta komunitas anak tuli dan disabilitas), hingga iVote (talk show edukatif tentang pentingnya memilih dalam pemilu). "Dengan melihat fenomena pemilu
presiden & legislatif saat ini, kami ingin mengajak anak muda untuk sadar dan turut serta peduli terhadap kemajuan bangsa," ujar Junita Larasati, ketua
panitia Youthphoria.

Talk show iVote menghadirkan tiga narasumber. Yakni, Wafda Saifan Lubis (aktor), Mohammad Ali Irsyad (founder start-up Ijad Farm), dan Isabella Diaz (perwakilan Omah Jaman Now).

Mereka bertiga menekankan pentingnya suara pemuda dalam pemilu nanti. "Pokoknya, tahun ini kita harus berperan. Jangan berperang," tutur Wafda yang udah 10 tahun nggak menggunakan hak pilihnya.

Bella juga berharap anak muda menggunakan hak pilih. "Cermati dan pilih siapa yang bakal meneruskan bangsa ini karena dalam lima tahun itu menyangkut hajat hidup kalian," kata Bella. Ijad, panggilan akrab Mohammad Irsyad, beranggapan bahwa golput mencederai perjuangan orang-orang terdahulu untuk bisa merasakan kebebasan memilih atau demokrasi.

Selain itu, Youthphoria diramaikan beberapa band seperti Deruh Band, Redwine, Electic Bird, dan ditutup dengan meriah oleh band ibu kota yang baru aja merilis album baru berjudul The Greatest Ever, Elephant Kind. Meski diguyur hujan, penonton tetap riuh bernyanyi dan menari bersama di setiap lagu yang dibawakan band yang beranggota Bam Mastro, Bayu Adisapoetra, dan Kevin Septanto tersebut.

Well, sebagai pemuda, masa depan berada di tangan kita. Yuk, ikut berpartisipasi politik! (efn/c14/raf)

Jawa Pos, 6 April 2019

Update: 11-04-2019 | Dibaca 745 kali | Download versi pdf: Obrolan-Asyik-Kenal-Politik.pdf