Datang Ke Ubaya, Konkritkan Praktek Tak Sekedar Teori


  • 08-04-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

Kamis, 28 Maret 2019, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya didatangi oleh anak anak yang kompak menggunakan jas lab biru muda. Ternyata anak anak tersebut adalah siswa-siswi SMA dan SMP Little Sun School Surabaya. Rombongan yang terdiri dari 12 anak SMA dan 56 anak SMP ini mengunjungi tiga laboratorium melakukan tiga jenis praktik yang berbeda. Tiga jenis praktik tersebut adalah Glowing Bacteria, Apple Kombucha, dan Isolasi DNA. Dengan bimbingan Dr. Dra. Mariana Wahjudi, M.Si., Dr.rer.nat Sulistyo Emantoko D.P., S.Si., M.Si., dan Ardhia Deasy R.D., S.Tp., M.Sc., selaku dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya, mereka melakukan praktek di lab dengan seru.

"Anak-anak belajar membuat Kombucha sebagai produk yang bernutrisi," tutur Ardhia selaku salah satu pengajar lab. Ia menginstruksikan kepada siswa-siswi SMP tentang langkah demi langkah dalam mencapai produk hasil Apple Kombucha. Antusiasme anak-anak terasa dengan di setiap aktivitas yang mereka lakukan, Kenenza salah satu saksinya. Siswi SMP kelas 8 yang melakukan praktikum glowing bacteria ini merasa senang atas ilmu baru yang diberikan. "Kami diminta menuliskan nama masing masing di petri, jadi besok bakteri yg tumbuh akan menampilkan nama kita. Dan lagi bakterinya bisa bersinar," ungkapnya dengan senyum manis. Kenenza dan teman-temannya mengaku semangat menunggu hasil esok harinya.

Pihak SMA Little Sun School pun mengaku senang mengikuti kunjungan ini. “Ini adalah salah satu kegiatan sekolah yang menuntun anak-anak untuk praktek diluar kelas,” tutur Yovita, Santoso, B.Ed., selaku Wakil Kepala Sekolah Little Sun School. Ia mengaku menikmati proses praktek yang dilakukan oleh murid-muridnya disini. “Harapannya sih melalui acara ini anak-anak bisa praktek dan bukan sekedar teori. Lab di Ubaya bisa memfasilitasi itu karena lengkap, sangat terorganizir dan detail, belum lagi dosen-dosen yang ahli di bidangnya,” tutur Kartika Sulistyani, S.Si., selaku Guru Fisika Little Sun School sekaligus Ketua Pelaksana kunjungan ini. (sml)

Update: 08-04-2019 | Dibaca 747 kali | Download versi pdf: Datang-Ke-Ubaya--Konkritkan-Praktek-Tak-Sekedar-Teori.pdf