Suyanto: "Pentingnya Bangun Infrastruktur Digital"


  • 04-04-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

Senin, 25 Maret 2019 diadakan Forum Ekonomi Jawa Timur (East Java Economic Forum) di Grand Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya. Seminar Nasional yang diselenggarakanoleh harian SURYA ini dihadiri setidaknya 200 praktisi bisnis atau pelaku usaha yang dekat dengan progress ekonomi.

Seminarmengundangenam pembicara yang berkecimpung di bidang ekonomi yakni: Jend. TNI (Purn) Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan; Perry Warjiyo, Ph.D, selaku Gubernur Bank Indonesia; Prof. Rhenald Kasali, Ph.D selaku Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia; Dr.Tanri Abeng selaku komisaris utama PT. Pertamina; Hendri Saparini, Ph.D., selaku FounderCORE Indonesia, dan Suyanto, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D., selaku Dekan FBE Universitas Surabaya.

Para pembicaramemiliki latar belakang yang beragam, mulai dari praktisi, akademisi, hingga aktivis di bidang ekonomyang mampu membangkitkanrasa penasaran dan memberi banyak insightuntuk peserta. Suyanto salah satunya, Lulusan Program Doktoral Curtin University ini membahas adanya kenaikan anggaran infrastruktur selama 6 tahun terakhir dengan tajuk presentasi ‘Dampak Infrastruktur terhadap Pembentukan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru’.

Logistic Performance IndexIndonesia adalah yang tertinggi dicapai selama 8 tahun terakhir, pada peringkat 46,” jelasnya. Ia mengaitkan hal ini pada besarnya peningkatan investasi pemerintah terhadap infrastruktur.Suyanto sebagai narasumber termuda dalamseminar nasional inijugamengungkapkan beberapa pernyataan yang menggugah pola pikir peserta yang hadir.

Ia mencetuskan bahwa pembangunan infrastruktur tidak hanya berpusat pada fisik. “Soft infrastructuresangatlah diperlukan untuk menyongsong revolusi industri 4.0,” tuturnya. Ia menjelaskan adanya infrastruktur digital seperti—konektivitas digital, artificial intelligence—akan mempersiapkan dan membuat Indonesia melaju pesat di era 4.0. “Infrastruktur digital akan meningkatkan produktivitas kerja, dan modal,” tutupnya ramah. (sml)

Update: 04-04-2019 | Dibaca 1825 kali | Download versi pdf: Suyanto---Pentingnya-Bangun-Infrastruktur-Digital-.pdf