Teladani Watak Semar Dalam Dunia Pekerjaan


  • 27-02-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

Seminar merupakan bentuk pengajaran akademis di Universitas ataupun suatu organisasi. Universitas Surabaya juga senantiasa menyelenggarakan seminar bagi mahasiswa agar keilmuan juga didapatkan di luar bangku perkuliahan. Pada tanggal 18 Februari 2019 di ruang Serbaguna Fakultas Psikologi, Career Assistance Centre (CAC) Universitas Surabaya mengadakan sebuah seminar dengan tajuk “Ojo Dumeh! Nasehat Semar Menyosong Sukses Di Masa Depan”.

Seminar yang bertempatkan di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Universitas Surabaya ini mendatangkan Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak., selaku narasumber. Seminar kali ini berbeda dengan seminar lainnya. Jika biasanya seminar lebih berfokus/ber-orientasi pada hal yang bersifat modern, seminar kali ini mengambil tokoh dan watak wayang Indonesia—yakni Semar—untuk memberi penggambaran bagaimana menjalani dunia kerja dengan ideal. “Jangan hanya money oriented, namun harus lebih luas lagi. Ojo gumunan (Jangan Heran), ojo kagetan (Jangan Terkejut), dan ojo dumeh (Jangan Seenaknya),” jelas Bonnie.

Dengan dasar mengagumi perwayangan di Indonesia, Bonnie menjelaskan dengan kita meneladani watak Semar, kita akan sadar dimanapun kita bekerja adalah ibadah. Ia membahas bagaimana menghadapi dunia kerja dengan tulus dan penuh kebaikan diri sendiri. “Bekerjalah untuk kebaikan ibadahmu, dan hidupmu akan selalu berkecukupan,” tutup Bonnie dengan inspiratif. Seminar ini memberikan makna tersendiri bagi peserta yang sebagain besar mahasiswa Ubaya. Bonie juga memberikan himbauan kepada mahasiswa yang memenuhi ruangan,” Sebagai alumni Ubaya, tetaplah sederhana dan rendah hati. Bahkan ketika Anda sudah sukses,”. (sas)

Update: 27-02-2019 | Dibaca 728 kali | Download versi pdf: Teladani-Watak-Semar-Dalam-Dunia-Pekerjaan.pdf