Prestasi Mahasiswa Lab. Keuangan JMFE Di Tahun 2008


  • 07-01-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Pertama-tama kami dari Lab. Keuangan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Ubaya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2009. Newsletter ini dibuat sebagai sarana pelaporan sekilas mengenai kegiatan Lab. Keuangan selama 2008 dan prestasi para mahasiswanya.
 
Pada tanggal 22 sampai dengan 24 Desember 2008, Lab. Keuangan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Ubaya mengirimkan 7 tim yang terdiri dari 2 mahasiswa, untuk ikut berlomba dalam IDX Annual Championship Stock Exchange Games 2008. Lomba ini diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), yang untuk tahun ini diadakan di BEI Surabaya. Lomba diikuti oleh mahasiswa S1 yang dikirim oleh semua institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Dari 7 tim, Tim yang beranggotakan Igor dan Yohan berhasil masuk final pada hari ke dua lomba. Selanjutnya pada hari ketiga, tim Igor dan Yohan berhasil menang dan menjadi The Best Team (1st). Igor dan Yohan berhak atas hadiah uang tunai Rp.5.000.000,- serta piala dan piagam.
Selain itu pada lomba analisis saham yang diadakan BEI pada Oktober 2008, dengan tajuk CFA-BEI competition, Lab.Keuangan Ubaya mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 5 mahasiswa. Mahasiswa tersebut adalah Dian, Andrian, Monica, Jenny dan Ryan. Mereka berhasil masuk 13 besar dari 60 tim yang mengikuti lomba tersebut. Berhubung lomba membatasi hanya 1 tim untuk masing-masing jurusan, maka Lab. Keuangan hanya bisa mengirimkan 1 tim saja. Hampir semua tim yang masuk 13 besar adalah mahasiswa S2, hanya dari UI dan Ubaya berhasil masuk 13 besar dengan komposisi tim mahasiswa S1. Hal ini sangat membanggakan, dan dari pengalaman ini kami akan belajar untuk memperbaiki diri guna mengikuti lomba yang sama di tahun depan.

Pada Lomba Kompetisi Nasional Pasar Modal 2008 (KNPM 2008) yang diadakan oleh Indostock dan perguruan tinggi se-Indonesia, Lab. Keuangan Ubaya juga mengirimkan 20 tim dengan 2 mahasiswa per tim. KNPM 2008 dibagi kedalam 2 periode lomba, yaitu lomba tingkat wilayah, dan lomba tingkat nasional. Untuk lomba tingkat wilayah Jawa Timur, tim Ubaya berhasil menjadi Juara 1 yaitu tim beranggotakan Andrian dan Dian serta Juara 2 yaitu tim yang beranggotakan Monica dan Jenny. Selanjutnya sebagai Juara 1 dan 2 maka tim tersebut akan masuk ke babak kompetisi Nasional yang diadakan di Univ. Sebelas Maret, di Solo. Dalam lomba KNPM 2008 tingkat Nasional ini, tim Andrian dan Dian berhasil menjadi Juara Harapan 1. Untuk lomba KNPM 2009, Lab.Keuangan juga mengajukan diri secara resmi untuk menjadi pelaksana lomba tingkat wilayah Jawa Timur dan saat ini masih menunggu keputusan panitia Nasional KNPM 2009.

Diharapkan dengan berbagai keberhasilan ini, akan memacu mahasiswa untuk aktif mengikuti lomba dan selalu bersemangat untuk menimba ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari kompetisi-kompetisi yang diikuti. Lab. Keuangan akan selalu mendukung para mahasiswanya yang akan mengikuti lomba-lomba terkait dengan pasar modal dan keuangan sehingga mahasiswa tidak hanya dibekali ilmu keuangan namun juga memahami keilmuannya ketika dipraktikan dalam kehidupan nyata. Melalui berbagai program kerja Lab. Keuangan JMFE antara lain Pusat Database Keuangan dan Pasar Modal (PDKPM), program kerjasama dengan BEI dan Reliance Securities melalui Pojok BEI, dan program sertifikasi keuangan dan pasar modal diharapkan akan semakin meningkatkan pemahaman mahasiswa dan civitas akademika Ubaya khususnya mengenai pentingnya dunia keuangan dan pasar modal.
Update: 07-01-2009 | Dibaca 17691 kali | Download versi pdf: Prestasi-Mahasiswa-Lab--Keuangan-JMFE-Di-Tahun-2008.pdf