Potret Inggit Padji Pratiwi, Jadi Kakak Asuh Bagi Anak Putus Sekolah


  • 22-01-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepedulian pada anak putus sekolah telah membuat Inggit Padji Pratiwi (21) menjadi kakak asuh bagi anak rentan dan putus sekolah di Surabaya. Wanita yang saat ini merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Surabaya ini menjadi kakak asuh dalam Campus Social Responsibility yang digelar pemerintah Kota Surabaya.

Ia bergabung bersama 500 relawan dari 24 universitas di Surabaya untuk memberikan pendampingan setiap seminggu sekali dengan menjadi kakak asuh.

"Tujuan utama program ini mengembalikan anak putus sekolah ke bangku pendidikan, serta memotivasi anak rentan putus sekolah supaya terus melanjutkan pelajaran ke jenjang lebih tinggi," ungkap gadis yang meraih juara tiga dalam Youth Competion Award yng diadakan Pemkot Surabaya.

Menurut gadis kelahiran Palu, 10 November 1997 ini, melalui kegiatan ini ia dapat terjun langsung dalam masyarakat dan melihat permasalahan yang ada.

Selain itu melalui program ini, ia bisa mengabdikan diri kepada masyarakat sebagai salah satu tugas mahasiswa.

"Program ini berlangsung satu periode yaitu satu tahun. Kalau menurut saya tidak menggangu karena saya melakukan bimbingan kepada adik sekitar sekali dalam seminggu,"urainya.

Ia pun terkesan dengan respon masyarakat tempatnya terjun untuk membina anak rentan dan putus sekolah.

Tak hanya satu keluarga yang dibimbingnya, bahkan adiknya, kakak hingga sama anak-anak satu kampung selalu antusias menyambut kedatangannya.

"Kalau sudah datang, anak di lingkungan situ sudah berbaris mau belajar atau sekedar nonton film edukasi. Istilahnya mereka juga keluarga bagi saya karena kalau datang disambut excited sama anak-anak,"kenangnya.

Menurutnya, setelah program selesai dan masalah juga terselesaikan maka ia bisa melanjutkan persiapan untuk periode selanjutnya 2019.

"Tetapi kalau saya sama anak-anak itu masih berhubungan sampai saat ini karena merasa sudah kebiasaan jadi kenapa harus diselesaikan toh saya juga masih ada waktu,"pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Potret Inggit Padji Pratiwi, Jadi Kakak Asuh bagi Anak Putus Sekolah, http://surabaya.tribunnews.com/2019/01/19/potret-inggit-padji-pratiwi-jadi-kakak-asuh-bagi-anak-putus-sekolah.
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy

Update: 22-01-2019 | Dibaca 558 kali | Download versi pdf: Potret-Inggit-Padji-Pratiwi--Jadi-Kakak-Asuh-Bagi-Anak-Putus-Sekolah.pdf