Mahasiswa Ubaya Ciptakan Alat Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


  • 08-11-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Jumat, 2 November 2018Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya gelar seminar dan pameran KP (Kerja Praktek) 1 dengan mengangkat tema “Alat Bantu Anak Berkebutuhan Khusus”. Pada seminar mengangkat tema“Dari Guru dan Pendamping yang Bahagia, Tumbuhlah Anak-Anak yang Progresif.” Bertempat di Gedung Teknik Industri dan Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya.

Ada14 macam rancangan produk untuk membantu anak berkebutuhan khusus. Mulai dari alat bermain, menulis, alarm tidur dan alat terapi lainnya. Menurut Rahman Dwi Wahyudi, S.T.,M.T.,MBA.,IPM.setiap tahunmahasiswa akan menciptakan produk yang dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.“Bahan dasar dalam produk ini 80% kayu dan memiliki syarat tepat gunadan aman. yang berarti bahanharus aman dan inovasi. Dalam pameran ini mahasiswa berperan sebagai perusahaan mereka menciptakan sesuatu yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus”.

Pada seminar turut hadir sebagai pembicara Dra. Irma W. Syahrial, M.Myang memberikan dorongan dan motivasi bagi tenangan pengajar di SLB. Menurut Irma bahagia itu seperti membagikan sukacita kepadalingkungan. Tidak ada keterpaksaan, dan lahirnya motivasi mengajar anak-anak berkebutuhan khusus dengan kesabaran. “Kecerdasan emosional mampu berkontribusi terhadap kesuksesan dibandingkan dengan kecerdasan intelektual,”ujarnya.

Selanjutnya melalui kegiatan ini, hasil produk mahasiswa akan diseleksi dan diajukan ke Hak Kekayaan Intelektual atau HaKI. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat membantu media belajar dan terapis bagi anak berkebutuhan khusus. (Re2)

Update: 08-11-2018 | Dibaca 61 kali | Download versi pdf: Mahasiswa-Ubaya-Ciptakan-Alat-Bagi-Anak-Berkebutuhan-Khusus.pdf