Dosen Ubaya Beri Kuliah Umum Di Universitas Papua


  • 09-10-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Senin, 3 September 2018 Helen Hendaria Kamandhari, S.S., M.M., M.A., Ph.D. Dosen Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Politeknik Ubaya memberikan kuliah umum mengenai Instructional Design and Technologykepada para guru SMA, dosen dan mahasiswa di Universitas Papua (UNIPA) Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Helen mengatakan memilih Papua sebagai tempat presentasinya karena selain kearifan lokal masyarakat Papua yang unik, kesempatan untuk menikmati alam Papua yang sudah tersohor sampai ke penjuru dunia merupakan salah satu alasan untuk mengunjungi pulau tersebut. Forum ini juga merupakan salah satu kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan sesama dosen di UNIPA yang juga peraih Beasiswa Fulbright. “Saya sangat tertarik untuk menjelajahi alam Papua yang terkenal sebagai provinsi yang penuh dengan keberagaman.”

Kuliah umum tersebut disambut dengan antusias oleh kurang lebih 800 peserta. Bertemakan The Comparability of Typographic and Substrate Variables in Legibility and Readability Research : An Integrative Review, diseminasi iniberhasil dipaparkan dengan jelas dan menarik. Kegiatan ini dapat terlaksana, berkat kerjasama antara penerima Beasiswa Fulbright Ubaya dan UNIPA yang juga merupakan dosen dari kedua universitas tersebut. Tujuan dari program penerima beasiswa Fulbright adalah untuk meningkatkan saling pengertian dan kerja sama antara rakyat Amerika Serikat dan Indonesia melalui pertukaran pendidikan dan kebudayaan. Para penerima beasiswa Fulbright setelah menyelesaikan studi S-3 mereka diwajibkan untuk mempresentasikan disertasi mereka ke khalayak akademia. “Ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh penerima beasiswa PhD Fulbright,”ujar Helen.

Disertasi Helen dalam bidang instructional design and technologyberfokus pada komparabilitas tipografi dan permukaan tampilan (kertas dan layar peralatan elektronik) dalam studi keterbacaan huruf (legibility)dan keterbacaan teks (readability). Disertasi ini juga berkaitan dengan hal pembelajaran, desain teks pengajaran, implementasi, dan evaluasi instructional text comparabilityyang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penelitian komparabilitas teks pembelajaran dalam berbagai pengaturan. Diseminasi disertasi ini, selain untuk memberikan presentasi di depan para peserta di UNIPA, juga menjadi ajang pertemuan para penerima beasiswa Fulbright. (ee)

Update: 09-10-2018 | Dibaca 107 kali | Download versi pdf: Dosen-Ubaya-Beri-Kuliah-Umum-Di-Universitas-Papua.pdf