Hari Kunjung Perpustakaan Jadi Momen Mengingatkan Pentingnya Perpustakaan


  • 02-10-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Bulan September dalam kalender nasional memiliki dua momen penting yakni dijadikan sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Dua momen tersebut penting untuk mendongkrak minat baca buku masyarakat Indonesia. Minat

Budaya membaca buku sepatutnya ditanamkan sejak dini. Melalui membaca, cakrawala berpikir seseorang akan terbuka dan menyerap banyak ilmu pengetahuan. Minat baca akan memengaruhi kehidupan individu dan bangsa pada masa mendatang, juga pemahaman ekonomi untuk menentukan masa depan global.
Di sinilah peran penting perpustakaan sebagai jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca di Perpustakaan Universitas Surabaya Kampus Tenggilis disemarakkan dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Menulis Ide tentang Perpustakaan Ubaya Masa Depan, Contest Photo Selphie mengambil area perpustakaan, pemberian amnesty atau penghapusan masa skorsing bagi mahasiswa yang terlambat mengembalikan buku, penambahan jumlah eksemplar buku yang dipinjam serta pemberian gift bagi pengunjung yang masuk perpustakaan paling awal dan paling akher pulang.

Acara tersebut yang awalnya dibuat mendadak ternyata mendapat respon positif dari mahasiswa terbukti dari banyak nya mahasiswa yang memanfaatkan kegiatan tersebut dan keikutsertaan mereka untuk bergabung di social media Perpustakaan Ubaya. Diharapkan kedepannya pengunjung akan lebih banyak memanfaatkan koleksi yang ada di Perpustakaan Ubaya tidak hanya pada bulan September saja, namun dapat juga mengimplementasikan dalam berbagai kegiatan.

Update: 02-10-2018 | Dibaca 334 kali | Download versi pdf: Hari-Kunjung-Perpustakaan-Jadi-Momen-Mengingatkan-Pentingnya-Perpustakaan.pdf