Ubaya Berikan Informasi Studi Di Belanda


  • 19-09-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Direktorat Kerjasama Kelembagaan (DKK) Universitas Surabaya bekerjasama dengan Nuffic Neso menggelar “Information Session: Study In Holland” pada Selasa, 18 September 2018 pukul 10.00-11.00. Sekitar puluhan peserta dari dalam maupun luar Ubaya memadati ruang Seminar Room, Gedung International Village Kampus Tenggilis Jl.Raya Kalirungkut Surabaya.

“Dalam information session,dijelaskan bagaimana cara berkuliah di Belanda, kondisi lingkungannya, beasiswa yang tersedia dan sebagainya. Acara semacam ini sudah kesekian kalinya kami selenggarakan untuk memberikan informasi bagi yang ingin berkuliah ke luar negeri,” ungkap Fensi Arintia Ekaputri, StaffKerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya.

Sofia Yang selaku Education Promotion Officer Nuffic Neso menjelaskan jika Nuffic Neso adalah lembaganon profit dari pemerintah Belanda, yang bertugas memberikan informasi terkait studi lanjut di Belanda secara umum.

“Kami mengunjungi beberapa SMA dan Universitas untuk memberikan pemahaman jika Negara Belanda bisa menjadi pilihan untuk tempat studi lanjut mereka,” ujar Sofia. Beberapa beasiswa yang ditawarkan berasal dari pemerintah Belanda maupun pemerintah Indonesia, seperti Holland Scholarship, Beasiswa LPDP, Erasmus Mundus, Orange Tulip Scholarship dan lainnya.

Acara ini terbuka untuk umum sehingga mahasiswa dari universitas lain dapat turut bergabung. Salah satunya adalah Stephen yang merupakan lulusan S2 dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS).

“Saya memang sedang mencari informasi terkait studi S3 di luar negeri. Information sessiontadi sangat jelas dan membuat saya tertarik untuk mengambil di Belanda,” ungkapnya. Berbeda dengan Stephen, Nia mahasiwi tingkat akhir Fakultas Industri Kreatif (FIK) mengaku jika dirinya memang tertarik untuk mengambil S2 di Belanda.

“Saya sebelumnya sudah cari tahu informasi kuliah di Belanda melalui internet, tapi rasanya belum cukup. Lewat website hanya tahu informasi dasar saja, tapi di sesi tadi saya tanya banyak hal dan dijawab secara detail. Sangat bermanfaat,” ungkap Nia dengan semangat. (rh)

Update: 19-09-2018 | Dibaca 3529 kali | Download versi pdf: Ubaya-Berikan-Informasi-Studi-Di-Belanda.pdf