Semakin Seru, Tambah Semarak


  • 29-09-2016
  • Fadjar Efendy Rasjid

Diramaikan Berbagai Supporting Event SURABAYA – Kompetisi basket 3X3 terbesar di dunia, Loop 3X3 Competition National Championship 2016, siap bergulir sejak Kamis (29/9) sampai Sabtu (1/10). Berbeda dengan tahun lalu, Loop 3X3 Competition National Championship tahun ini diadakan di ibukota basket Indonesia, Surabaya. Lewat ajang tersebut, tim basket pelajar tiga lawan tiga terbaik tanah air bakal ditentukan.

Untuk menambah keseruan dan semarak Loop 3X3 Competition National Championship, berbagai supporting event Loop 3X3 Challenge disiapkan panitia dalam ajang di atrium Tunjungan Plaza 3 tersebut. Di antaranya, Loop 3X3 College Competition, Loop 3X3 Executive Competition, Loop 3X3 Junior High School Competition, Loop Exhibition Elementary School, dan Mainbasket 3X3 Challenge.

Technical meeting diselenggarakan di kantor DBL Indonesia kemarin (27/9). Perwakilan setiap tim hadir untuk mendapatkan penjelasan regulasi dari panitia dan mengikuti drawing tim. Khusus Mainbasket 3X3 Challenge, technical meeting baru dilakukan hari ini (28/9).

Jumlah peserta Loop 3X3 Challenge terbagi atas tiga tim Loop Exhibition Elementary School, delapan tim Loop 3X3 Junior High School Competition, dan 16 tim Loop 3X3 College Competition. Juga, sepuluh tim Mainbasket 3X3 Challenge dan delapan tim Loop 3X3 Executive Competition.

Beberapa peserta terlihat begitu antusias mengikuti jalannya rangkaian acara technical meeting. Salah seorang di antaranya adalah Kevin Tanjung, mahasiswa Universitas Pelita Harapan. Pada 2014, Kevin berhasil menyabet gelar Loop 3X3 Competition National Championship sebagai wakil SMA IPH Surabaya. Nah, tahun ini dia dan timnya kembali berkompetisi lewat Loop 3X3 College Challenge. "Tahun ini mau nostalgia sama Loop 3X3," ujar Kevin, lalu tertawa.

Loop 3X3 College Competition menjadi spesial karena Kevin bakal bertanding bersama alumni satu SMA. Selain karena ingin kembali merasakan atmosfer pertandingan Loop 3X3, Kevin bersemangat memberikan dukungan ke SMA IPH Surabaya yang tahun ini menempatkan tim putra dan putri sebagai perwakilan Kota Surabaya.

Berdasar hasil drawing, tim basket 3X3 Universitas Pelita Harapan akan menghadapi Universitas Wijaya Kusuma. Kevin mengakui bahwa yang bakal menjadi lawan terberatnya adalah tim Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Airlangga (Unair). "Ubaya bakal jadi ri val terberat. Komposisi pemainnya bagus dan pemain mereka komplet dari berbagai daerah," jelas Kevin.

Selain dapat menonton supporting event, penonton di Tunjungan Plaza diajak berpartisipasi lewat games. Ada Two Ball, Free Throw Conga, Th reePoint Contest, dan Slam Dunk Contest. Berbagai game itu bisa langsung diikuti para pengunjung di venue.

Loop 3X3 Competition National Championship akan diikuti 25 tim putra dan 25 tim putri. Ajang tersebut merupakan lanjutan putaran fi nal Loop 3X3 Competition 2016 di berbagai daerah sebelumnya.

Agenda hari ini adalah para peserta dari berbagai daerah menginjak kaki di Surabaya. Mereka bakal menjalani lanjutan technical meeting di Pena Room, Graha Pena Surabaya. Sebelumnya, mereka mengikuti rang kaian konferensi pers untuk berbagi pengalaman bersama Erlan Perkasa. Dia adalah alumnus SMAN 71 Jakarta, yakni champion Loop 3x3 Com petition National Championship musim lalu. (nay/c14/dns)

Sumber: Jawa Pos, 28 September 2016

Update: 29-09-2016 | Dibaca 6133 kali | Download versi pdf: Semakin-Seru--Tambah-Semarak.pdf