Indahnya Kebersamaan, Silahturahmi Dan Halal Bihalal Keluarga Besar Unversitas Surabaya


  • 25-07-2016
  • Fadjar Efendy Rasjid

Sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan multikulturalisme, Ubaya melaksanakan kegiatan Silaturrahmi dan Halal Bihalal dalam rangka hari raya Idul Fitri. Tradisi tahunan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika Ubaya. Acara inidilaksanakan pada Jumat, 15 Juli 2016di Perpustakaan lantai 5, mereka tampak saling bersalaman dan berangkulansetelah sekian lama tak bertemu.

“Selama satu tahun bekerja dan berkarya bersama, mungkin dijumpai gesekan yang membuat hati tidak nyaman. Oleh karena itu, momen kebersamaan ini ada agar kita bisa saling memaafkan satu dengan yang lain,” ungkap Rektor Ubaya,Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D.Selain Rektor, hadir pula Ketua Yayasan Ubaya, Anton Prijatno, S.H.,yang turut memberikan kata sambutan. Beliau mengatakanbahwa keseharian kita dalam menjalani hidup bisa dikatakan sebagai pengalaman spiritual, dan diharapkan tradisi hidup bersama yang baik dan penuh toleransi dapat terus diterapkan, khususnya di Ubaya.

Penampilan dari UKM Tari dan UKM Paduan Suara mahasiswa Ubaya turut memeriahkansuasana. Mereka menampilkan performa terbaiknya walaupun masih dalam suasana libur mahasiswa. Uniknya dalam acara ini, dalam rangka hari raya umat Muslim, namun pembacaan doa dilakukan dari 5 agama yang berbeda, yakni Kristen, Hindu, Budha, Katolik dan Islam, yang diwakili oleh satu orang panitia dari masing-masing agama. “Dari awal, semua acara di Ubaya melibatkan semua civitas dan tidak dibatasi pada agama atau latar belakang tertentu, karena kita hidup di lingkungan yang menekankan toleransi,”tutur Dra.ec. Endang Ernawati, M.Si.,selaku ketua panitia. Selain itu, Direktur SDM Ubaya ini menekankan bahwa rangkaian acara yang telah dipersiapkan juga tidak lepas dari unsur toleransi, seperti pembawaan lagu dan pembacaan doa antar suku dan agama. Akhir kata, Endang berharap agar prinsip kebersamaan dan saling menghargai dapat terus dipertahankan untuk kedepannya.

Kemudian dipuncak acara, seluruh civitas akademika Ubaya saling berbaris untukbersalam-salaman sembari bermaaf-maafan. Tak hanya itu, merekatampak sibuk berbincang akrab, bahkan beberapa diantaranya berfoto ria bersama sebelum akhirnya turun ke perpustakaan lantai 1 untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. (liv)

Update: 25-07-2016 | Dibaca 8455 kali | Download versi pdf: Indahnya-Kebersamaan--Silahturahmi-Dan-Halal-Bihalal-Keluarga-Besar-Unversitas-Surabaya.pdf