Terinspirasi Kisah Perempuan Afrika


  • 03-06-2016
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA - Kolaborasi desain modern dan tradisional menjadi konsep dalam rancangan handmade terbaru Rani Mandashari. Dua tas jinjing, satu high heels, dan satu flat shoes karyanya dipamerkan di selasar Fakultas Hukum Ubaya kemarin (2/6).

Handmade karya mahasiswa Jurusan Desain Fashion dan Produk Lifestyle Fakultas Industri Kreatif angkatan 2012 itu begitu cantik serta elegan. Nuansa gelap yang dipadu dengan warna-warna terang dari benang bordir diaplikasikan Rani pada empat handmade rancangannya tersebut. "Konsep yang saya pakai adalah Afrika modern," katanya.

Rani menuturkan, pembuatan karya tersebut terinspirasi dari perempuan Afrika yang bernama Rhululu. Dalam kisah Rhululu, masyarakat Afrika kerap mengecat tubuhnya dengan motif tribal dan menggunakan turban pada kepala. Konon, semakin banyak motif tribal dan semakin tinggi turban menandakan semakin tingginya derajat seseorang. "Berawal dari cerita itu, saya mulai tertarik untuk menggabungkan motif tribal dan turban dalam produk handmade."

Produk tersebut dibuat sejak November 2015. Awalnya, produk handmade dibuat untuk pemenuhan tugas mata kuliah lifestyle product design project II. (rst/c11/fal)

Jawa Pos, 3 Juni 2016

Update: 03-06-2016 | Dibaca 6502 kali | Download versi pdf: Terinspirasi-Kisah-Perempuan-Afrika.pdf